Kimchi Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

CNN Indonesia | Senin, 17/12/2018 06:46 WIB
Kimchi Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Ilustrasi (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sajian kimchi pasti akan selalu akrab bagi penggemar drama dari Negeri Ginseng.

Kimchi biasa disajikan sebagai bumbu atau semacam sambal. Bumbu itu terbuat dari kubis yang difermentasi bersama dengan saus ikan, cabai, dan bawang putih.

Rasa asam dan pedas bakal 'menggelitik' lidah sekaligus membawa manfaat buat kesehatan. Kimchi disebut baik untuk usus, apalagi bagi Anda yang berurusan dengan perut kembung.


Di luar itu, masih banyak manfaat lain yang bisa didapat dari mengonsumsi kimchi. Berikut manfaatnya.


1. Baik untuk jantung
Konsumsi kimchi secara rutin baik untuk kesehatan jantung. Dikutip dari Well and Good, sebuah studi menemukan bahwa kimchi dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Partisipan studi diminta mengonsumsi kimchi sebanyak 210 gram per hari. Hasilnya, peneliti melihat penurunan signifikan pada kadar kolesterol dan kadar gula darah. Efek ini ternyata berlaku pula pada mereka yang hanya mengonsumsi sebanyak 15 gram.

2. Menguatkan sistem imun
Kimchi disebut mampu menguatkan sistem imun tubuh. Para ahli menemukan adanya kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat membantu tubuh melawan penyakit. Hal itu membuat kimchi pas dikonsumsi saat tubuh sedang dalam kondisi tak sehat.

3. Mengurangi inflamasi
Meski sekadar makanan tambahan, kimchi mampu memberikan perlindungan bagi tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Kimchi mampu mengurangi inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa asam pada kimchi dapat mengurangi inflamasi pada tikus.


4. Meningkatkan daya ingat
Tak cuma salmon yang mampu memberikan asupan pada otak, kimchi pun disebut mampu meningkatkan daya ingat.

Percobaan pada tikus menemukan bahwa konsumsi kimchi berhubungan dengan peningkatan memori dan kemampuan belajar. Bahkan, peneliti menyebut, kimchi bisa berpotensi menurunkan gejala alzheimer.

5. Antibakteri
Kimchi mengandung komponen antibakteri. Namun, bahan-bahan lain yang digunakan untuk membuat kimchi juga bermanfaat seperti bawang putih dan cabai. (els/asr)