Studi Ungkap Cara Menjaga Pernikahan Tetap Awet

CNN Indonesia | Rabu, 12/12/2018 15:08 WIB
Studi Ungkap Cara Menjaga Pernikahan Tetap Awet Ilustrasi (OmarMedinaRD/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernikahan jadi babak baru dalam kehidupan untuk menggapai kebahagiaan. Namun, tak semua pernikahan berujung bahagia, bahkan ada yang berakhir dengan perpisahan.

Penelitian terbaru menemukan sebuah cara untuk menjaga pernikahan agar tetap bahagia dalam jangka panjang.

Studi ini mendapati pernikahan yang bahagia menyerupai serial komedi romantis yang berlangsung selama lebih dari beberapa dekade. Canda dan gelak tawa jadi kunci pernikahan yang bahagia.



Menurut studi dari University of California, Berkeley ini, tahun pertama pernikahan biasanya dipenuhi dengan konflik. Seiring berjalannya waktu, suasana emosional itu perlahan berubah.

Dikutip dari Quartz, pada pernikahan yang bahagia, konflik itu berganti menjadi humor berupa gurauan, lelucon, dan beragam kebodohan. Pertengkaran dan kritik pun cenderung menurun.

Temuan ini berangkat setelah peneliti yang merupakan psikolog menganalisis interaksi yang direkam pada 87 pasangan yang sudah menikah selama 15-35 tahun. Peneliti mengikuti pasangan itu selama 13 tahun.


Selain humor, berbagai tindakan positif lainnya juga mendukung pernikahan yang bahagia. Tindakan positif itu meliputi antusiasme, mendengarkan, dan memahami pasangan.

Hasil lain yang menarik dari penelitian ini adalah pasangan yang lebih tua ternyata tidak lebih saling menyayangi satu sama lain. Hanya saja, mereka saling peduli dan mendukung satu sama lain seiring bertambahnya usia. (ptj/asr)