Menjelajahi Eksotisme Tersembunyi di Agra

CNN Indonesia | Rabu, 12/12/2018 13:43 WIB
Menjelajahi Eksotisme Tersembunyi di Agra Salah satu sudut eksotis di Agra. (Foto: Istockphoto/guillermo1956)
Jakarta, CNN Indonesia -- Agra adalah sebuah kota kuno di Sungai Yamuna, India, yang berada dalam negara bagian Uttar Pradesh. Namun kebanyakan orang tidak memilih Agra sebagai tempat singgah, apalagi dalam waktu lama di tengah rangkaian kegiatan wisata.

Sebenarnya kota ini pernah memiliki peranan penting sebagai ibu kota Kerajaan Mughal dari 1526 sampai 1658. Imbasnya adalah kota tua ini menjadi tujuan wisata karena bangunan zaman Mughal yang luar biasa, khususnya Taj Mahal.

Namun sebenarnya banyak lokasi eksotik lain yang terdapat selain Taj Mahal di Agra. Mengutip TripSavvy, berikut adalah ragam tempat yang harus dikunjungi di Agra:


Agra Fort dan Agra's Other Tombs

Benteng yang selesai dibangun pada zaman Kaisar Akbar, pada tahun 1573 ini adalah bangunan vital bagi pemerintahan sang kaisar pada masa itu. Setelah kolonial Inggris menaklukkan kekaisaran ini pada tahun 1803, cukup banyak bangunan yang rusak meskipun beberapa di antaranya masih bisa terselamatkan.

Sementara itu di Agra masih terdapat dua makam 'keramat' yang kalah pamor jika dibanding Taj Mahal, padahal salah satu dari dua makam tersebut adalah kuburan Kaisar Akbar, dan satunya lagi adalah mendiang sang istri.

Untuk memasuki dua tempat bersejarah ini, wisatawan mancanegara dikenakan tiket seharga 760 Rupee atau sekitar Rp763 ribu.

Menjelajahi Eksotisme Tersembunyi di Agra Agra Fort. (Istockphoto/naveen0301)

Mughal Heritage Walk Through Kachhpura Village

Tempat ini terbentuk dari komunitas yang bergerak untuk membantu warga dari ranah wisata, untuk meningkatkan perekonomian warga. Warga setempat dilatih agar bisa menjadi pemandu wisata di tempat yang menjadi kawasan urban sejak era Mughal.

Sheroes Hangout

Besar kemungkinan ini adalah titik awal kesenian mural yang ada di kota ini, 'hawanya' pun menggelorakan semangat kaum muda yang kreatif. Sheroes adalah akronim dari She+Heroes, para pegawainya adalah para wanita yang selamat dari teror serangan larutan asam di India pada tahun 2004 silam.

Mehtab Bagh

Jika tidak ingin menyerahkan 1.000 Rupee (sekitar Rp202 ribu) hanya untuk melihat Taj Mahal, ada baiknya kunjungi tempat yang berada di seberang sungai depan Taj Mahal ini. Taman Mughal memiliki luas sekitar 25 hektare, dan hanya perlu merogoh kocek 200 Rupee (sekitar Rp40 ribu) untuk menikmati Taj Mahal, hamparan bunga, sekaligus, matahari terbenam.

The Bazaars of the Old City

Tempat ini adalah jantungnya Agra, segala denyut ekonomi berpusat di sini. Menjelajahi tempat ini dengan berjalan kaki adalah ide yang bagus.

Taj Nature Walk

Menjauh dari keramian di Agra adalah pilihan yang tepat. Namun jika tidak ingin terlalu jauh dari Taj Mahal, ada baiknya ambil rute ke arah jalan Fatehabad (sekitar 500 meter dari gerbang timur) dan bertemu dengan kawasan yang asri.

Fatehpur Sikri

Sekitar satu jam dari Agra ke arah timur, ada sebuah tempat bernama Fatehpur Sikri. tempat ini didirikan oleh Kaisar Akbar pada tahun 1571, saat ia berencana memindahkan ibu kota kerajaannya. Sayangnya usia kota sangat singkat, setelah 15 tahun menjadi ibu kota akhirnya Fatehpur Sikri pun ditinggalkan.

Menjelajahi Eksotisme Tersembunyi di Agra Fatehpur Sikri. (Istockphoto/RuslanKaln)

Korai Village dan Agra Bear Rescue Center


Saat menuju ke Fatehpur Sikri, ada baiknya menyempatkan mampir ke kampung Korai untuk melihat bagaimana beruang dan masyarakat hidup berdampingan. Tempat ini juga 'bersanding' dengan Agra Bear Rescue Center.

(agr)