Cara Mengembalikan Warna Asli Peralatan Rumah Tangga

CNN Indonesia | Rabu, 26/12/2018 09:19 WIB
Cara Mengembalikan Warna Asli Peralatan Rumah Tangga Ilustrasi peralatan rumah tangga yang terbuat dari plastik (Istockphoto/ra3rn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peralatan rumah tangga seperti peralatan dapur yang terbuat dari plastik sering kali berubah warna seiring berjalannya waktu. Perubahan warna ini membuat peralatan rumah tangga jadi tampak kotor.

Beberapa orang bahkan enggan menggunakannya kembali karena tak lagi terkesan bersih. Mereka lebih memilih untuk membeli peralatan plastik yang baru.

Perubahan warna ini sebenarnya merupakan reaksi kimia yang normal terjadi karena pengaruh lingkungan seperti udara dan cahaya. Perubahan warna ini tak bisa dihilangkan hanya dengan sabun cuci.


Namun, tak perlu khawatir dan tak usah repot-repot merogoh kocek membeli produk baru. Warna plastik yang menguning bisa dikembalikan menjadi putih terang seperti semula hanya dengan cara sederhana.


Untuk melakukannya, bahan yang dibutuhkan meliputi empat cangkir air hangat, setengah cangkir pemutih, seperempat cangkir baking soda, dan satu sendok teh bubuk.

Berikut cara jitu mengembalikan warna plastik yang menguning menjadi putih seperti baru mengutip Hunker.

1. Siapkan ember berisi empat cangkir air hangat. Lalu, campur dengan setengah cangkir pemutih dan seperempat cangkir baking soda. Aduk hingga larutan tercampur rata.

2. Celupkan spons cuci piring ke dalam larutan hingga terasa basah, lalu angkat. Peras spons itu hingga tidak lagi meneteskan air, namun tetap lembab.

3. Seka atau lap spons itu ke bagian luar peralatan dapur dan diamkan selama sekitar 10 menit.

4. Bilas spons secara menyeluruh dan bersihkan peralatan sampai semua larutan pemutih dan baking soda hilang. Keringkan peralatan dengan handuk atau kain.


5. Kemudian, tuangkan satu sendok teh bubuk ke spons dan aplikasikan ke peralatan dapur dengan menggunakan gerakan yang melingkar.

6. Cuci kembali peralatan dapur itu dengan deterjen pencuci piring hingga bersih dan keringkan.

Warna plastik yang tadinya menguning lantas kembali putih bersih. (ptj/asr)


ARTIKEL TERKAIT