Menilik Perbedaan Antara Cinta dan Nafsu

CNN Indonesia | Rabu, 19/12/2018 03:30 WIB
Menilik Perbedaan Antara Cinta dan Nafsu Ilustrasi cinta (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cinta dan nafsu sering kali terlihat beda tipis. Banyak orang kerap kebingungan saat mengambil keputusan menjalin hubungan lantaran sulit membedakan antara cinta dan nafsu belaka.

Orang sering bertanya-tanya: benarkah rasa yang timbul itu merupakan cinta atau hanya dorongan hawa nafsu sesaat saja?

Anda tentunya tak ingin memilih keputusan yang salah dan terjebak dalam nafsu sesaat. Namun, kini tak perlu khawatir, karena cinta dan nafsu memiliki perbedaan yang jelas.


Menurut Terri Orbuch, seorang profesor sosiologi yang sudah mempelajari ratusan pasangan, ada empat perbedaan utama yang membedakan antara benar-benar jatuh cinta atau nafsu belaka. Orbuch mengungkapkan empat cara itu dalam TED Talk di Oakland University, Michigan, Amerika Serikat.

Berikut empat cara yang dapat membedakan cinta dan nafsu belaka:

1. Hubungan
Orbuch menyebut, tanda pertama yang dapat membedakan cinta dan nafsu adalah hubungan atau koneksi yang terjalin antara Anda, dia, dan orang-orang di sekitar Anda dan dia.

Pada nafsu, Anda cenderung hanya ingin menjalin hubungan dengan orang tersebut. Sedangkan, jika itu benar cinta, Anda juga ingin berhubungan baik dengan orang-orang di sekitarnya. Anda juga ingin orang-orang di sekitar Anda mencintainya.

2. Pilihan kata
Tanda kedua yang dapat membedakan antara cinta dan nafsu dapat terlihat dari pilihan kata yang sering digunakan. Penulis buku Finding Love Again: 6 Simple Steps To a New and Happy Relationship ini menyatakan, jika masih menggunakan kata 'saya', hubungan itu cenderung didorong oleh hawa nafsu.

Sedangkan, jika menggunakan 'kita', hubungan itu didasari oleh cinta karena berarti sudah menganggap diri mereka sebagai satu pasangan.

3. Keterbukaan diri
Menurut Orbuch, pada hubungan berlandaskan cinta, orang akan mengungkapkan semua hal tentang dirinya lebih dalam. Sebaliknya, pada nafsu, orang hanya akan bercerita hal-hal dasar atau sekadarnya saja pada orang lain.

4. Pengaruh
Tanda terakhir yang dapat membedakan cinta dan nafsu adalah pengaruh yang ditimbulkan dari orang tersebut. Pada cinta, orang itu akan memiliki pengaruh yang besar dan sangat berarti pada kehidupan Anda.

Jika hanya nafsu, orang tersebut tidak akan berdampak besar pada kehidupan atau keputusan yang diambil. (ptj/asr)


BACA JUGA