Perjuangan Berburu Oleh-oleh di Queensland

CNN Indonesia | Minggu, 16/12/2018 09:36 WIB
Perjuangan Berburu Oleh-oleh di Queensland Berburu oleh-oleh di Queensland (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Queensland, CNN Indonesia -- Sebagai orang Indonesia, oleh-oleh sudah menjadi 'tentengan' wajib yang harus dibawa saat pulang berwisata. Kadang menyenangkan, tapi tak jarang juga merepotkan kalau permintaan oleh-olehnya terlalu spesifik dan sulit dicari.

Namun tetap saja, berburu barang khas untuk dibawa pulang menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan, termasuk buat saya.

Ketika berkunjung ke Queensland, Australia, pada akhir November lalu, belanja oleh-oleh menjadi salah satu aktivitas yang tak boleh terlupakan. Di sela waktu yang begitu sempit, ada sejumlah tempat yang rasanya cocok untuk membeli oleh-oleh khas Australia.


Berikut beberapa tempat yang bisa jadi incaran Anda saat berburu oleh-oleh di Negeri Kangguru tersebut.

1. Queen Street Mall

Queen Street Mall merupakan destinasi oleh-oleh terpopuler di kota Brisbane. Lokasinya berada di antara George Street dan Edward Street di kawasan Brisbane Center Business District.

Jangan bayangkan Queen Street Mall seperti bangunan mall-mall besar di Jakarta. Queen Street Mall lebih menyerupai suatu kawasan yang sangat luas berisi ratusan pertokoan dan tempat makan.

Foto: CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi

Kawasan ini awalnya memang jalan raya. Namun oleh pemerintah kota Brisbane, kawasan itu disulap menjadi jalur untuk pejalan kaki dengan banyak pertokoan.

Berada di Queen Street Mall rasanya seperti surga belanja. Apalagi lokasinya dekat dengan Next Hotel, tempat saya dan rombongan menginap selama di Brisbane. Saya hanya perlu keluar dari hotel dan voila, pemandangan di depan saya langsung Queen Street Mall.

Selain Myer, di kawasan ini juga tersedia supermarket khas Australia seperti K-Mart dan Coles. Berbagai makanan seperti snack, cokelat, kopi, dan teh asli Australia mudah ditemukan di sini.

Di Queen Street Mall juga banyak toko souvenir yang menjual pernak-pernik khas Australia dengan harga miring. Mulai dari boneka koala, miniatur kanguru, kaos, gantungan kunci, magnet kulkas, hingga replika boomerang.

Toko-toko souvenir ini biasanya memberikan harga promo. Misalnya satu buah kaos dijual dengan harga 13 AUD atau sekitar Rp130 ribu. Namun mereka melakukan promo dengan menjual 22 AUD atau sekitar Rp230 ribu untuk dua kaos.

Promo serupa biasanya juga diterapkan untuk boneka koala berukuran mini hingga gantungan kunci. Dengan senang hati, harga promo ini tak akan saya lewatkan begitu saja.

Foto: CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi

2. Pacific Fair Shopping Centre Gold Coast

Pacific Fair berlokasi di Gold Coast Highway tak jauh dari kawasan Surfers Paradise. Untuk menuju Pacific Fair, wisatawan dapat menggunakan G:Link atau Gold Coast Light Rail dan turun di Stasiun Broadbeach South yang dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar lima menit.

Pacific Fair termasuk tujuan belanja terbesar di Queensland. Pusat perbelanjaan ini memiliki konsep terbuka dua lantai dengan lebih dari 400 toko, termasuk Myer, department store terbesar di Australia.

Seperti one stop shopping, Anda juga bisa membeli berbagai makanan untuk diborong jadi oleh-oleh. Misalnya saja, aneka cokelat lezat asli Australia dengan berbagai bentuk kangguru atau lainnya. Pilihan rasanya pun bermacam-macam. Makanan ringan dan camilan kering lainnya juga bisa dibeli di sini. Oiya, jangan lupa menjajal rasa Vegemite (sejenis selai khas Australia) untuk jadi oleh-oleh.

Namun salah satu yang membuat saya tertarik adalah keberadaan Mecca Maxima, toko kosmetik populer yang hanya ada di Australia. Sebagai perempuan, berburu oleh-oleh kosmetik juga jadi salah satu tujuan ketika berkunjung ke negara tertentu. Lagipula, tak dimungkiri kalau aneka kosmetik dan skincare lokal memang tengah jadi hit di negara ini. Jadi tak ada salahnya mencoba. 

Mecca Maxima menjual sejumlah produk kosmetik dan perawatan kulit terkenal seperti Nars, Bobbi Brown, Mario Badescu, Frank Body Scrub, dan sejumlah produk lokal berlabel Mecca Cosmetica.

Selain pusat perbelanjaan, banyak pilihan tempat makan di Pacific Fair. Tempat ini buka dari pukul 09.00 pagi sampai 17.30 sore dan tutup lebih malam pada hari Kamis yakni pukul 21.00.

Oh iya, di visitor VIP lounge Pacific Fair tersedia ruangan untuk beribadah. Bahkan bagi wisatawan muslim tersedia sajadah, lengkap dengan mukena dan sarungnya.

Foto: CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi

3. Pharmacy Line

Selain Mecca Maxima, Pharmacy Line merupakan salah satu toko kosmetik yang populer di Australia. Toko sejenis drug store ini mudah ditemukan di sejumlah sudut kota Brisbane.

Berbeda dengan Mecca Maxima yang menjual jenis kosmetik high-end, Pharmacy Line menjual merek kosmetik dan perawatan kulit dengan harga menengah.

Merek-merek terkenal seperti Nivea, Maybelline, NYX, tersedia di toko ini. Pharmacy Line juga menjual sejumlah merek kosmetik asli Australia seperti Sukin, Lucas Paw Paw, dan Australis.

Saya yang penasaran dengan merek-merek lokal Australia pun membeli beberapa jenis kosmetik. Harganya lumayan lebih murah dibandingkan di Indonesia. Semoga saja cocok dengan kulit Indonesia ya. (pris/chs)