MISS UNIVERSE 2018

Afsel, Filipina, dan Venezuela Masuk Top 3 Miss Universe 2018

CNN Indonesia | Senin, 17/12/2018 09:53 WIB
Afsel, Filipina, dan Venezuela Masuk Top 3 Miss Universe 2018 Posisi tiga besar penjurian Miss Universe 2018 sudah dilakukan. Afrika Selatan, Venezuela, dan Filipina menempati posisi tiga besar. (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah penjurian babak top 10, eliminasi berlanjut ke babak selanjutnya yaitu posisi lima besar dan tiga Miss Universe 2018.

Setelah penilaian baju renang dan juga gaun malam, para juri memutuskan bahwa posisi lima besar ditempati oleh wakil dari Puerto Rico, Vietnam, Filipina, Afrika Selatan, dan Venezuela.

Di babak lima besar, mereka diberi pertanyaan tentang masalah-masalah besar yang terjadi di dunia. Pertanyaan ini harus dijawab dalam waktu 30 detik.



Berdasarkan jawaban dari kelima perempuan tersebut, terpilih peringkat tiga besar. Peringkat tiga besar ini ditempati oleh Afrika Selatan, Filipina, dan juga Venezuela.

Wakil dari Afrika Selatan memuaskan para juri dengan pertanyaan tentang perlukah negara memberikan pembatasan jumlah pengungsi di negaranya.

"Saya rasa semua negara pasti punya aturannya sendiri, tapi di balik itu, kita semua manusia yang punya sisi kemanusiaan. Mereka butuh perlindungan, simpati, dan juga kebaikan hati dari negara-negara lain untuk membantu mereka," ungkap Miss South Afrika.

Sedangkan Miss Philipines diberikan pertanyaan seputar legalisasi mariyuana.

"Sebagai orang yang belajar tentang kesehatan, legalisasi mariyuana bisa digunakan untuk pengobatan, tapi bukan untuk recreational. Alkohol juga diperbolehkan asal digunakan dengan tepat."


Berbeda dengan kedua rekannya, Miss Venezuela mendapat pertanyaan seputar kontes kecantikan. Dalam beberapa kasus, ada pihak-pihak yang mengatakan bahwa kontes kecantikan melawan gerakan feminis.

"Sekarang ini kita hidup di era yang baru, di mana kontes kecantikan bukan hanya soal kecantikan tapi juga empati dan kebaikan hati. Lewat kontes seperti perempuan bisa membuktikan dirinya bisa menjadi apapun yang dia inginkan." (chs/chs)