Ragam Manfaat Jus Daun Pepaya

CNN Indonesia | Kamis, 31/01/2019 10:43 WIB
Ragam Manfaat Jus Daun Pepaya Ilustrasi pepaya (Pixabay/Stevepb)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengobatan tradisional telah terbukti bisa membantu mengatasi sejumlah gangguan kesehatan. Lidah buaya dan daun mint menjadi yang paling dikenal ampuh mengatasi penyakit. Namun, bagaimana dengan jus daun pepaya?

Jus daun pepaya dipercaya dapat mengatasi beberapa gangguan pada kulit. Selain itu, daun pepaya juga disebut ampuh mengatasi penyakit akibat gigitan nyamuk seperti demam berdarah. Tak cuma itu, daun pepaya juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengutip Stylecraze, jus daun pepaya dibuat dengan menghancurkan daun muda tanaman pepaya Carica. Biasanya, ekstrak pekat ini dioleskan untuk mengobati alergi kulit, luka, bekas luka, noda, rambut rontok, ketombe, dan infeksi jamur atau bakteri.



Ekstrak daun pepaya ini diencerkan dengan air agar jus terasa lebih lembut dan bisa Anda konsumsi.

Jus daun pepaya merupakan salah satu minuman detoksifikasi terbaik yang patut Anda coba. Di dalamnya terdapat beragam kandungan bermanfaat mulai dari vitamin A, B, C, dan E. Selain itu, ada pula sejumlah mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi.

Daun pepaya memiliki kadar tinggi phytochemical seperti saponin, tanin, alkaloid, dan flavonoid. Kandungan-kandungan itu bekerja sama untuk membersihkan dan melancarkan sirkulasi darah. Dengan begitu, gangguan saluran pencernaan, gangguan hati, gangguan ginjal, hipertensi, diabetes, dan beberapa penyakit kardiovaskular bisa teratasi.

Berikut merangkum berbagai sumber, beberapa manfaat jus daun pepaya.

1. Mengobati demam berdarah
Salah satu obat terbaik untuk mengatasi demam berdarah adalah jus daun pepaya.

Mengutip Medical Express, demam berdarah menurunkan jumlah trombosit dalam tubuh. Ekstrak daun pepaya dikenal mampu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.


"Penelitian telah membuktikan bahwa jus daun pepaya memberikan kontribusi signifikan dalam produksi trombosit," ujar ahli nutrisi, Sheela Krishnaswamy.

2. Menjaga sistem pencernaan
Kandungan enzim papain dan chymonpapain terbukti membantu sistem pencernaan tetap terjaga seperti mencegah sembelit dan membersihkan usus besar. Selain itu, papain juga dipercaya mampu menyembuhkan dan mencegah penyakit maag.

Mengutip NDTV, pepaya kaya akan protease dan amilase. Enzim-enzim ini membantu tubuh memecah protein, karbohidrat, dan mineral.

Selain itu, sifat anti-inflamasinya yang tinggi juga membuat jus daun pepaya mampu mengurangi peradangan pada lambung dan usus besar.

3. Mengatasi nyeri saat haid
Jus daun pepaya dipercaya dapat melancarkan haid dan mengurangi rasa nyeri. Jus ini juga disebut mampu menurunkan gejala pra-menstruasi syndrome (PMS).


Sifat penyembuhannya yang kuat menyeimbangkan hormon dan mengatur siklus menstruasi.

Anda dapat mencoba ramuan ini sendiri di rumah. Ambil satu daun pepaya, campurkan dengan sedikit garam, asam, dan segelar air yang dididihkan.

4. Membantu mengatasi masalah kulit
Jus daun pepaya memiliki kandungan vitamin C dan A yang kaya nutrisi. Kandungan kaya nutrisi itu bakal meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit lebih bercahaya.

Jus daun pepaya mampu menekan aktivitas radikal bebas yang mengganggu kulit. Kehadiran senyawa karpain mampu membersihkan kulit Anda dari racun dan melindungi wajah dari jerawat serta bintik hitam. (asr/asr)