7 Objek Wisata Ramah Anak di Bogor untuk Libur Akhir Tahun

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 14:19 WIB
7 Objek Wisata Ramah Anak di Bogor untuk Libur Akhir Tahun Kandang panda di Taman Safari Cisarua. (Foto: Dok. Taman Safari Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi warga Jakarta yang merayakan libur akhir tahun, memilih lokasi wisata terdekat dari ibu kota adalah tindakan yang bijak. Salah satu tetangga yang kerap disambangi oleh warga Jakarta dalam mengisi waktu liburan bersama keluarga adalah Bogor.

Meskipun Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) mengimbau masyarakat agar tetap waspada akan potensi cuaca ekstrem jelang libur akhir tahun, ditambah di

Berikut adalah 7 destinasi wisata ramah anak di bogor untuk libur akhir tahun:


Museum Zoologi

Meskipun Kebun Raya Bogor ditutup dalam waktu yang tidak ditentukan, namun Museum Zoologi tetap masih bisa dikunjungi. Khususnya bagi mereka yang sudah terlanjur membeli tiket masuk Kebun Raya.

Museum berarsitektur Eropa ini sudah mengoleksi satwa unik sejak tahun 1894. Ada 24 ruangan yang dipenuhi dengan fosil berbagai jenis fauna di Indonesia, dan jumlahnya mencapai jutaan.

Jangan lupa membawa jaket karena suhu di dalam museum dijaga agar tetap dingin demi keutuhan bentuk koleksi museum.

Museum yang terletak persis di depan pintu masuk Kebun Raya Bogor ini buka mulai pukul 08.00-16.00 Wib.

[Gambas:Instagram]

Kampoeng Wisata Cinangneng

Jika merasa jenuh dengan 'belantara' kota, objek wisata yang berada tidak jauh dari kampus IPB Dramaga ini bisa menjadi medium pembelajaran untuk merasakan hidup di pedesaan.

Kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini benar-benar mengandalkan sensor motorik seperti bertani, beternak, menari, melukis di caping, bermain angklung, bermain egrang, membuat jamu, hingga ronda malam.

Meski demikian, fasilitas-fasilitas modern seperti air panas, cafe, dan toko souvenir pun tersedia di tempat wisata yang beroperasi sejak pukul 08.00 - 17.00 Wib ini.

[Gambas:Instagram]

Kidzonia Bogor

Lokasi alternatif jika tidak memiliki waktu luang atau cuaca di Bogor kurang mendukung, adalah sebuah tempat bermain yang berada di dalam ruangan. Kidzonia menjadi wisata ramah anak yang berada di dalam sebuah pusat perbelanjaan di kota Bogor.

Anak-anak bisa menjadi apa saja di tempat ini, segala profesi tersedia mulai dari penjual sayur, pegawai kantor pos, koki, polisi, perawat, hingga dokter.

Tempat bermain khusus anak yang bisa juga ditemani oleh orang tuanya ini, beroperasi setiap hari, pukul 10.00-21.00 Wib.

Taman Buah Mekarsari

Taman seluas 264 hektar yang dipadati berbagai macam tanaman, mulai dari bunga, sayur-mayur ini terletak di Jalan Raya Cileungsi atau sekitar 10 kilometer dari gerbang tol Cibubur.

Selain bermain di hamparan kebun buah, anak-anak juga dapat bermain dengan kelinci di Rabbit House, berkunjung ke Rumah Hobbit, memberi makan kura-kura, hingga menunggang kuda. semua kegiatan itu bisa dilakukan sejak pukul 06.00-16.00 WIB.

[Gambas:Instagram]

Taman Safari Indonesia

Melihat sekumpulan hewan di area yang menyerupai habitat asli mereka adalah sebuah kegembiraan yang tidak terkira.

Konsep inilah yang ditawarkan oleh Taman Safari Indonesia yang berada di kawasan Cisarua, Bogor.

Jerapah, zebra, anoa, gajah, komodo, simpanse, lumba-lumba, harimau, panda, dan beberapa jenis binatang adalah penghuni tetap tempat wisata sekaligus edukasi yang buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 Wib.

[Gambas:Instagram]

Jungleland Adventure Theme Park

Jika Jakarta memiliki Dunia Fantasi, maka Bogor pun memiliki taman bermain bernama Jungleland Adventure Theme Park yang beroperasi setiap hari sejak pukul 09.00-17.00 Wib.

Sebuah kawasan seluas 35 hektar yang berada di Komplek Perumahan Sentul Nirvana, Sentul ini menghadirkan 41 wahana seru yang bisa dijelajahi di dalam empat area.

Masing-masing area menawarkan pengembaraan baik bagi orang dewasa dan anak-anak dengan berbagai macam hobi, seperti bermain air, horor, dan petualangan.

[Gambas:Instagram]

Kuntum Farm Field

Terakhir Kuntum Farm Field merupakan salah satu destinasi wisata ramah anak di Bogor. Menjadi gembala adalah mimpi bagi sebagian anak-anak. Untuk mewujudkannya, anak-anak bisa diarahkan untuk menjajal kegiatan penggembala di Kuntum Farm Field yang beroperasi setiap hari sejak pukul 08.00-18.00 Wib.

Kegiatan yang bisa dicoba di tempat yang berada di Jl. Raya Tajur ini antara lain adalah peternak unggas, pemancing ikan, atau pemelihara kelinci. Selain itu ada aktivitas lain yang erat dengan profesi petani.

Usai beraktivitas fisik, anak-anak pun bisa menyantap hasil bumi yang tersedia di area cafetaria.

[Gambas:Instagram] (agr/ard)