Hot Pot 'Kuah' Durian dan Matcha Gemparkan Warga China

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 20:30 WIB
Hot Pot 'Kuah' Durian dan Matcha Gemparkan Warga China ilustrasi hot pot (Istockphoto/Chaded2557)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kreativitas untuk membuat makanan yang unik memang tengah membuncah di dunia.

Namun kenyataannya tak semua kreativitas dan imajinasi untuk kuliner bisa berbuah manis. Ada kombinasi yang berhasil dan ada juga yang gagal alias aneh dan tak enak dimakan.

Kali ini giliran hot pot yang kena 'getah' kreativitas tingkat tinggi yang unik. Berdasarkan Shanghaiist, beredar sebuah video viral di media sosial tentang hot pot gaya baru dan rasa baru.



Hot pot sendiri biasanya disajikan dengan kuah kaldu original, pedas, atau pun dengan rasa tom yam. Makanan panas yang direbus dalam panci besar ini disantap dengan menambahkan irisan sayur atau aneka daging-dagingan.

Namun dalam video tersebut, bukan kuah kaldu gurih yang direbus dalam hot pot, melainkan kuah matcha atau teh hijau dan kuah durian.



'Kuah' matchanya sendiri terlihat sangat kental dan creamy, seperti layaknya es krim. Sedangkan 'kuah' duriannya berwarna putih yang terbuat dari santan. Di dalamnya terdapat tambahan daging buah durian beserta kulit-kulitnya.

Sebagai tambahan isiannya, ke dalam 'kuah' matcha ini dimasukkan potongan biskuut keping hitam dan juga potongan ubi manis rebus.


Tak cuma aneka tambahan isian manis, namun aneka sayur dan daging seperti daging sapi, ayam, sampai cabai hijau juga bisa dimasukkan ke dalam rebusannya. Anda bisa pilih ingin kaldu matcha atau durian.

Mengutip Mashable, restoran yang menyajikan hot pot ini adalah Xiangtianxia di Shanghai. Tertarik mencoba? (chs)