Liburan Akhir Tahun Naik Kereta Api Makin Praktis

Advertorial, CNN Indonesia | Rabu, 19/12/2018 00:00 WIB
Liburan Akhir Tahun Naik Kereta Api Makin Praktis Aplikasi KAI Access (Foto: dok. KAI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Bagaimana persiapan Anda? Menghabiskan liburan akhir tahun dengan keluarga dan orang-orang terkasih di tempat-tempat favorit merupakan salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Di era yang serba cepat dan ketergantungan dengan dunia maya, momen kebersamaan bersama keluarga menjadi sesuatu yang sangat dinanti-nantikan.

Agar liburan akhir tahun Anda makin nyaman dan praktis, tentu persiapan yang dilakukan pun harus matang. Salah satunya adalah kesiapan transportasi yang akan digunakan. Jika ingin menggunakan transportasi umum dengan keluarga, kini kereta api bisa menjadi alternatif. Apalagi kelebihannya seperti melaju di jalur sendiri sehingga bebas macet dan waktu perjalanan yang lebih terprediksi serta pelayanannya yang nyaman, bisa Anda pertimbangkan.

Perjalanan dengan kereta api kian praktis dengan hadirnya aplikasi KAI Access. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero). KAI Access versi terbaru sudah dilengkapi dengan berbagai fitur baru untuk kian memudahkan penggunanya.


"Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, kami harus terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa KA apalagi di era yang serba digital seperti saat ini," kata Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

KAI Access kini dilengkapi fitur baruseperti fitur pembatalan online, perubahan jadwal online, pembelian tiket KA lokal online, pembelian tiket KA bandara, dan e-wallet. Fitur-fitur ini memudahkan penggunanya sehingga semua prosedur yang biasa dilakukan di stasiun atau harus keluar rumah kini dapat dilayani dalam satu aplikasi di genggaman Anda.

Fitur pembatalan dan perubahan jadwal online memudahkan penumpang yang ingin membatalkan dan memindahkan jadwal perjalanan karena tidak lagi perlu repot-repot datang ke stasiun. Fasilitas ini juga dapat digunakan meskipun pembelian tiket KA melalui channel eksternal lainnya.

Anda hanya tinggal masuk ke menu My Trip dan memasukkan kode booking pembelian tiket di channel eksternal. Setelah itu, Anda bisa melakukan pembatalan atau mengubah jadwal sesuai kebutuhan dan selama ketersediaan tiket masih ada.

Sedangkan fitur Pemesanan KA Lokal untuk memudahkan masyarakat dalam memesan tiket KA lokal tanpa harus mengantre di loket. Kini di KAI Access juga terdapat fitur e-Wallet terdiri dari Mandiri e-cash, BNI Unikqu, dan Telkomsel T-Cash sehingga penumpang dengan mudah melakukan pembayaran dengan uang elektronik.

Untuk menikmati kemudahan melakukan pembatalan dan perubahan jadwal perjalanan KA caranya cukup mudah. Penumpang hanya cukup men-download KAI Access yang dapat dilakukan mulai dari 2 jam sebelum keberangkatan. Bagi Anda yang sudah memiliki aplikasi KAI Access versi lama, fitur-fitur tambahan tersebut akan otomatis muncul dengan melakukan pembaharuan atau update KAI Access.

"Dasar kami melakukan peningkatan dan penambahan fitur di KAI Access tentu karena munculnya kebutuhan dan antusiasme masyarakat menggunakan KA sebagai moda transportasi pilihan.  Saat ini pengguna KA datang dari berbagai lapisan masyarakat dan peminatnya tiap tahun semakin meningkat. Masyarakat pun sekarang cenderung butuh yang serba praktis dan mudah," pungkas Edi. (adv/adv)