4 Bukti Cordoba Lebih Sarat Sejarah Dibanding Paris dan Roma

CNN Indonesia | Kamis, 20/12/2018 16:36 WIB
4 Bukti Cordoba Lebih Sarat Sejarah Dibanding Paris dan Roma Pemandangan kota Cordoba di Spanyol. (Istockphoto/traveler1116)
Jakarta, CNN Indonesia -- Spanyol bukan cuma Barcelona atau Madrid. Sebuah kota kecil bernama Cordoba juga menarik untuk dikunjungi karena menyandang gelar sebagai destinasi dengan paling banyak Situs Warisan Dunia UNESCO di dalamnya.

Dikutip dari The Points Guy pada Kamis (20/12), kota yang bisa ditempuh dengan perjalanan kereta selama dua jam dari Madrid ini memiliki empat Situs Warisan Dunia UNESCO.

Jumlah tersebut bahkan melebihi total yang dimiliki kota Paris dan Roma.


Jika berkesempatan liburan akhir tahun di Spanyol, tidak ada salahnya mengunjungi Cordoba untuk menyambangi empat Situs Warisan Dunia UNESCO di sana:

1. Masjid Katedral

Masjid Katedral merupakan bangunan bersejarah di Cordoba yang pertama kali masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, tepatnya pada tahun 1984.

Situs bersejarah yang diperkirakan dibangun sejak tahun 784-786 ini berupa masjid yang dialihfungsikan sebagai katedral, saat agama Kristen mulai masuk ke kota ini pada abad ke-13.

Masjid Katedral. (AFP PHOTO / JORGE GUERRERO)


2. Historic City Center

Cordoba memang sarat akah sejarah dari Arab, Roma dan Kristen. Ada banyak situs yang menjadi bukti perpaduan ketiga budaya ini di sana.

Masjid Katedral dan Kastel Alcazar masuk dalam komplek Historic City Center. Kawasan ini menjadi pusat pemerintahan kerajaan Arab sebelum akhirnya ditempati oleh kerajaan Spanyol.

Komplek bersejarah ini lalu dinamakan Historic City Center dan masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994.

Kalahkan Paris dan Roma, Cordoba Disebut Kota SejarahHistoric City Center. (Istockphoto/bennymarty)

3. Festival Patios

Sudah berlangsung sejak tahun 1918, festival unik ini berupa pameran rangkaian tanaman para masyarakat yang ditampilkan melalui balkon rumah masing-masing.

Setiap digelar pada bulan Mei, seluruh rumah di Cordoba akan dihiasi oleh gantungan tanaman hias beragam bentuk dan warna.

Tradisi ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2012.

Tahun depan Festival Patios akan dijadwalkan diselenggarakan pada 6-19 Mei 2019.

Kalahkan Paris dan Roma, Cordoba Disebut Kota SejarahPemandangan Festival Patios. (Istockphoto/feradz)

4. Medina Azahara

Situs bersejarah di Cordoba yang belum lama ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO ialah reruntuhan kota tua Medina Azahara.

Disebut telah dibangun sejak tahun 936-976 oleh pendatang Arab, reruntuhan ini menunjukkan bukti bahwa Islam berkembang di Spanyol dari Cordoba.

Tak cuma megah, ukiran di dinding yang terlihat dari reruntuhan ini menunjukkan bahwa bangsa Arab sangat mencintai seni dan keindahan.

Kalahkan Paris dan Roma, Cordoba Disebut Kota SejarahMedina Azahara. (Istockphoto/viledevil)


(fey/ard)