Pantai Pasir Putih Lampung Sepi Pengunjung

CNN Indonesia | Kamis, 27/12/2018 09:45 WIB
Pantai Pasir Putih Lampung Sepi Pengunjung Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/Ismu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pantai Pasir Putih, salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Lampung Selatan, mendadak sepi pengunjung pasca tsunami yang menerjang sebagian wilayah Lampung dan Banten.

Menurut keterangan warga setempat, Maryam, sejak terjadi tsunami jumlah pengunjung sangat sedikit dibandingkan hari biasa.

Namun, ia menambahkan, masih ada beberapa pengunjung yang membawa pasangan dan keluarganya untuk sekadar menikmati panorama pantai di sini.



"Mungkin hanya pengunjung yang berani saja yang datang," ujar Maryam, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (26/12).

Ia mengatakan pada Sabtu (22/12) malam, ketika tsunami terjadi, dampaknya juga terasa hingga ke rumahnya yang mengakibatkan air laut naik semata kaki orang dewasa.

Namun ia mengaku masih khawatir, dan masih mengungsi ke gunung atau tempat kerabatnya, bila malam tiba.

Hal ini dilakukannya untuk menghindari kemungkinan terjadinya tsunami.

Seorang warga setempat lain, Rissa, mengamini jika air yang naik pada tanggal Sabtu (22/6) malam mengakibatkan kepanikan warga di sekitar Pantai Pasir Putih.


Rissa menjelaskan hingga sekarang bila malam tiba semua wanita dan anak-anak diungsikan di tempat-tempat yang tinggi. Sementara itu kaum pria dewasa berjaga di lingkungan mereka.

"Kalau pagi pulang buka warung nyari rezeki, namun malam tetap mengungsi," katanya.

Pantai Pasir Putih berada di area Jalan Trans Sumatera, Tarahan, Kabupaten Lampung Selatan. Lokasinya memang cukup dekat dengan Pulau Jawa, karena hanya dipisahkan oleh Selat Sunda.

Letak Pantai Pasir Putih juga tidak terlalu jauh. Apabila wisatawan berangkat dari kota Bandar Lampung, maka hanya perlu menempuh jarak sekitar 45 kilometer, atau memerlukan waktu 30 menit perjalanan jika lalu lintas sedang normal.

Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, mulai dari bersantai di sekitar pantai, berenang, snorkeling, surfing, memancing, hingga bermain kano.

Fasilitas seperti warung hingga resort pun sudah tersedia di kawasan Pantai Pasir Putih.

Untuk menikmati pemandangan di Pantai Pasir Putih, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp20 ribu untuk selembar tiket masuk per orang.

(agr/ard)