Tren Desain Hunian 2019 versi Pinterest

CNN Indonesia | Senin, 31/12/2018 05:55 WIB
Tren Desain Hunian 2019 versi Pinterest Ilustrasi. (HobokenHome7/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tren terus bergerak dinamis dari tahun ke tahun. Termasuk di antaranya soal desain hunian.

Pinterest telah merilis tren desain hunian teratas untuk tahun 2019 mendatang. Sukulen, wallpaper yang lebih berani, dan permainan di sudut-sudut ruang diprediksi bakal semakin semarak di tahun depan.

Dari proyek do-it-yourself seperti membuat aksesori tertentu untuk dinding hingga perombakan besar, berikut adalah tren desain hunian teratas yang bakal menarik perhatian di tahun 2019 melansir Homes and Property.



1. Dinding dengan ramai
Seolah mengucapkan selamat tinggal untuk minimalis, dinding dengan sentuhan grafis dan warna yang ramai mewarnai tren desain hunian pada 2019 mendatang.

Pinterest, misalnya, mencatat pencarian untuk warna 'mustard yellow' beranjak naik hingga 45 persen pada akhir 2018 ini.

Selain itu, ini juga didukung oleh pencarian untuk 'desain geometris untuk dinding' meningkat sebanyak 225 persen serta peningkatan 401 persen untuk 'wallpaper tropis'.

Jika Anda tak terlalu berani dengan penggunaan warna ngejreng ini, Anda bisa membuat aksen-aksen kecil untuk dinding Anda agar terlihat menonjol.


2. Go green
Alih-alih melukis, Anda bisa mengaplikasi konsep 'go green' dari lantai hingga langit-langit.

Tengok saja pencarian Pinterest untuk 'taman vertikal' yang meningkat sebesar 287 persen hingga akhir 2018 ini. Tren taman vertikal yang satu ini menjadi jawaban bagi penduduk urban yang kekurangan ruang terbuka hijau.

Begitu pula dengan tren sukulen yang terus berlanjut. Pencarian untuk 'kaktus' naik sebesar 235 persen.

3. Aksesori kriya
Kini, tampaknya banyak orang mulai kepincut dengan aksesori-aksesori yang menghiasi rumah. Pencarian untuk 'seni tekstil' naik sebesar 1.718 persen hingga akhir 2018. Karya seni kriya dengan medium tekstil menjadi penambah tekstur desain hunian.

Salah satu tren yang sedang naik daun adalah penggunaan medium kain dan benang wol yang dibuat dengan metode handweaving untuk aksesori dinding.


4. Aksesori berbahan timah
Jika sebelumnya dapur dengan dinding berwarna peach menjadi tren, kini orang-orang bergerak menggandrungi aksesori dapur berbahan timah. Pencarian 'interior timah' naik sebesar 563 persen.

Aksesori berbahan timah ini digunakan untuk berbagai sudut. Baik untuk menambahkan nuansa elegan di dinding atau sekadar dijadikan aksesori bernuansa vintage. (asr)