FOTO: Dendang Pengusir Calon Mayat

AFP/Behrouz Mehri, CNN Indonesia | Kamis, 27/12/2018 13:01 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah hutan di Jepang menjadi lokasi favorit mengakhiri hidup. Seorang warga di sana bernyanyi setiap hari guna "mengusir" orang yang ingin bunuh diri.

Hutan Aokigahara menjadi perbincangan di dunia setelah seorang Youtuber, Logan Paul, merekam video sedang berada di dalamnya sambil menyorot korban gantung diri di salah satu pohonnya.
Di pinggiran 'Hutan Bunuh Diri' di Jepang, Kyochi Watanabe menyanyikan lagu Imagine karya John Lennon sambil berharap lirik lagu tersebut bisa mengetuk pintu hati orang yang sedang berencana bunuh diri.
Sejarah panjang Hutan Aokigahara berawal dari pertengahan abad kesembilan, ketika Gunung Fuji meletus dan lava menutupi daerah-daerah luas yang telah berubah menjadi hutan seluas 30 kilometer persegi. Penduduk setempat telah lama memuja hutan dan sekitarnya sebagai tempat suci yang konon menjadi tempat tinggal seekor naga.
Pepohonan di hutan ini sangat lebat, sehingga medannya dilapisi banyak akar dan lumut. Sejak tahun 1970-an hutan ini menjadi inspirasi kisah fiksi sebagai tempat bunuh diri dalam karya sastra, serial televisi sampai film. Penggambaran tersebut malah alasan semakin banyak
Pihak berwenang sudah berhenti menghitung korban yang ditemukan di dalam hutan ini. Namun setiap tahunnya ada saja selusin pria dan wanita yang ditemukan tak bernyawa di sini.
Jepang memiliki tingkat bunuh diri tertinggi di kelompok G7, dengan lebih dari 20 ribu orang mengakhiri nyawanya per tahun. Dan tingkat bunuh diri di Prefektur Yamanashi, di mana Hutan Aokigahara berada, adalah yang terburuk di Jepang selama delapan tahun hingga 2014.
Saat malam tiba Watanabe menyalakan pengeras suara di luar rumahnya untuk memperdengarkan musik. Jika tak sedang memetik gitar untuk bernyanyi, terkadang ia memutar lagu hip hop dengan tingkat suara yang sangat tinggi. 
Watanabe percaya musik adalah cara untuk menjangkau hati orang-orang yang sedang dilanda kekacauan. Tak sedikit orang yang putar balik tak jadi datang ke hutan karena mendengar suara yang gaduh dari rumahnya.