Tradisi Kuliner Unik Tahun Baru di Berbagai Penjuru Dunia

CNN Indonesia | Senin, 31/12/2018 17:21 WIB
Tradisi Kuliner Unik Tahun Baru di Berbagai Penjuru Dunia Ilustrasi mi soba (K2-Kaji/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun baru bukan sekadar pesta dan kembang api. Beragam cara dilakukan menyambut tahun baru di berbagai belahan dunia, termasuk menikmati makanan unik.

Mulai dari kue dan aneka roti, mi yang melambangkan panjang umur, kacang polong melambangkan koin, hingga babi melambangkan keberuntungan.

Selain deretan makanan di atas, ada hidangan unik lainnya yang menjadi tradisi makanan saat merayakan tahun baru.


Berikut makanan unik saat tahun baru dari seluruh dunia, seperti diberitakan CNN.


1. Hoppin' John, Amerika Selatan
Hoppin' John merupakan merupakan makanan yang bermakna harapan untuk keberuntungan di tahun yang baru. Makanan ini merupakan olahan nasi dan kacang polong (bermakna koin) dengan rasa babi yang sering kali disajikan dengan sayuran hijau (bermakna uang) lainnya dan roti jagung (bermakna emas).

Tradisi ini berakar dari Afrika dan India Barat yang dibawa oleh budak ke Amerika Selatan.

2. Dua belas buah anggur, Spanyol.
Orang Spanyol menyambut malam pergantian tahun dengan memakan satu buah anggur pada setiap dentuman jam di tengah malam itu. Jumlah dentuman bel itu dapat mencapai 12 buah.

Beberapa orang bahkan sudah menyiapkan anggur dengan mengupas dan menyemai terlebih dahulu. Hal itu dilakukan agar mereka dapat mengonsumsinya dengan seefisien mungkin saat tengah malam tiba.

Tradisi ini disebut berlangsung sejak pergantian abad ke-20 yang dibuat oleh produsen anggur.


3. Tamales, Meksiko
Tamales merupakan adonan jagung yang diisi dengan daging, keju, dan tambahan bumbu lainnya. Tamales dibungkus dengan daun pisang atau sekam jagung.

Banyak keluarga di Meksiko membuat Tamales setiap tahun baru dan membagikannya kepada kerabat dan tetangga. Sajian ini dihidangkan dengan sup yang dapat meringankan mabuk usai malam tahun baru.

4. Oliebollen, Belanda
Oliebollen merupakan gorengan berbentuk bola yang banyak dijual dengan gerobak. Makanan ini biasanya dikonsumsi pada malam tahun baru atau perayaan khusus.

Oliebollen berbentuk seperti donat yang dibuat dengan menjatuhkan satu sendok adonan yang dibubuhi kismis dan ditaburi gula bubuk.

5. Marzipanschwein, Austria
Orang Austria menikmati malam pergantian tahun dengan meminum anggur merah dicampur dengan kayu manis dan rempah-rempah. Anggur merah itu disantap dengan olahan babi-babi kecil yang disebut marzipan atau Marzipanschwein.


6. Mi Soba, Jepang
Keluarga di Jepang menyambut tahun baru dengan menikmati mi soba sembari mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang telah berlalu. Tradisi yang sudah berlangsung sejak abad ke-17 ini menandakan harapan panjang umur dan kemakmuran.

7. Cotechino con lenticchie, Italia
Saat malam tahun baru, orang Italia menikmati cotechino con lenticchie. Nama terakhir ini merupakan sosis dan rebusan yang disebut membawa keberuntungan.

Makanan ini melambangkan uang dan nasib baik. Tradisi ini lalu diakhiri dengan menyantap adonan berbentuk bola yang berisi madu dan gula halus.

8. Acar herring, Polandia dan Skandinavia
Ikan herring banyak ditemukan di Polandia dan Skandinavia. Warnanya yang perak melambangkan kemakmuran dan karunia. Oleh karena itu, masyarakat di negara itu menyantap acar herring saat malam tahun baru.

Acar herring dibuat dengan merendam seluruh ikan herring dengan garam selama 24 jam lalu menaruhnya dalam toples dengan bawang, gula, dan cuka.


9. Kransekage, Denmark dan Norwegia
Kransekage adalah kue yang terdiri dari banyak cincin konsentris berlapis-lapis yang dibuat untuk merayakan malam tahun baru.

Kue ini dibuat menggunakan marziba, sebotol anggur, dan dihias dengan aneka ornamen dan bendera.

10. Kue raja, di seluruh dunia
Aneka kue raja atau king cake melengkapi malam pergantian tahun di seluruh dunia. Orang Yunani memiliki vasilopita, Prancis memiliki gateau, Meksiko memiliki Rosca de Reyes, dan Bulgaria memiliki Banitsa. (ptj/asr)