Pabrik Anggur Spanyol Temukan Wine Anti-Mabuk

CNN Indonesia | Sabtu, 29/12/2018 23:24 WIB
Pabrik Anggur Spanyol Temukan Wine Anti-Mabuk Ilustrasi wine (AFP PHOTO / Tiziana FABI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Minuman anggur atau wine biasanya mengandung alkohol yang membikin peminumnya mabuk. Namun, pabrik anggur di Spanyol baru-baru ini menciptakan wine anti-mabuk.

Pabrik anggur di wilayah Galicia, Spanyol ini baru saja meluncurkan air rasa anggur yang membuat peminumnya dapat menikmati rasa anggur merah atau putih tanpa perlu khawatir mabuk atau mengalami kenaikan berat badan.

Minuman ini diberi nama Vida Gallaecia. Air ini merupakan hasil racikan kolaborasi selama dua tahun antara Bodega Líquido Gallaecia dan para ilmuwan di Badan Negara Dewan Tinggi Penelitian Ilmiah (CSIC).



Wine anti-mabuk ini dibuat dengan melibatkan penggunaan flavanol dari anggur dan residu dari proses pembuatan anggur Godello.

Pemilihan flavanol sendiri tak sembarangan. Pasalnya, banyak penelitian mengaitkan asupan flavanol dengan manfaat kesehatan. "Sebagai contoh, ia memiliki efek positif untuk diabetes," ujar peneliti Carmen Martinez kepada The Voice of Galicia, mengutip Oddity Centra. Flavanol, lanjutnya, merupakan antioksidan, pelindung jantung, dan antibakteri.

Vida Gallaecia memiliki rasa yang terbuat dari dua varietas anggur. Mencia untuk anggur merah dan Godello untuk anggur putih. Minuman ini juga tidak mengandung pelarut kimia.


Air yang digunakan berasal dari mata air Galicia dan anggur dari tanah wilayah Valdeorras. Detail formula dan resep pembuatan minuman anggur ini masih dirahasiakan.

Hasilnya, rasa minuman ini sama seperti wine pada umumnya, tapi tidak mengandung alkohol dan memiliki sangat sedikit kalori.

"Ya, seperti minum anggur, tapi yang sehat dan bebas alkohol karena pada dasarnya adalah air," kata salah satu co-founder Bodega Liquido Gallaecia.

Meski sudah diluncurkan, minuman ini masih belum tersedia di pasaran. Pabrik saat ini masih sibuk mempromosikan wine anti-mabuk ke mitra potensial. Mereka berencana meluncurkan dua air rasa anggur ini di Spanyol dan Jepang. (ptj/asr)