Kemenpar Siapkan Rp150 Juta untuk Lomba Foto Akhir Tahun

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 28/12/2018 21:48 WIB
Kemenpar Siapkan Rp150 Juta untuk Lomba Foto Akhir Tahun Ilustrasi wisata. (Foto: CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Lomba Cerita Liburan Akhir & Awal Tahun yang berbarengan dengan momen liburan keluarga.

Lomba ini dibuka untuk periode 27 Desember 2018-7 Januari 2019. Panitia telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp150 juta. Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan siapa pun boleh ikut meramaikan lomba ini di seluruh destinasi wisata di Indonesia.

"Destinasi bebas, bisa di mana saja di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Peserta bisa mengeksplorasi gunung, savana, hutan, ladang, kebun, danau, sungai, hamparan persawahan, pantai, pulau, hingga bawah laut," beber Arief dalam keterangan tertulis, Jumat (28/12).



Caranya, peserta hanya memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter untuk mempublikasikan karyanya ke dalam tiga platform tersebut soal wisata Tanah Air.

Ketentuan lomba khusus bagi pengguna Instagram dan Facebook, adalah mengunggah foto atau video saat liburan di akun pribadi. Berikan caption tentang cerita liburan lengkap dengan nama destinasinya.

Peserta juga wajib mengikuti dan menyebut akun @kemenpar dan @pesonaid_travel. Jangan lupa gunakan hashtag #LombaCeritaLiburanAkhirDanAwalTahun, #PesonaCeritaLiburanAkhirDanAwalTahun, #CeritaLiburanAkhirDanAwalTahun, #PesonaIndonesia, dan #WonderfulIndonesia.

Sementara untuk pengguna Twitter, peserta bisa membuat kultwit minimal 10 twit pada akun pribadi. Ceritakan tentang serunya liburan di akhir 2018 dan awal 2019. Peserta juga harus mengikuti akun pesonaid_travel dan gunakan hashtag #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019.


"Untuk pengguna Instagram dan Facebook, penilaian dilakukan berdasarkan interaksi dengan netizen seperti komentar, like, share, dan view. Sedangkan untuk pengguna Twitter, penilaian berdasarkan kultwit dengan cerita terbaik," imbuhnya.

Arief menambahkan hadiah sebesar Rp150 juta akan diberikan kepada 150 pemenang, baik peserta pengguna Instagram, Facebook, maupun Twitter. Dengan demikian, setiap kategori akan dipilih 50 pemenang yang masing-masing akan mendapat hadiah Rp1 juta.

"Peserta boleh ikut di semua kategori dan boleh mengajak semua anggota keluarga. Ajak juga teman-teman untuk berbagi keseruan liburannya di lomba ini. Pemenang akan diumumkan sehari setelah lomba ditutup atau tepatnya pada 8 Januari 2019," kata Arief. (prf/vws)