Kapal Penumpang Ihan Batak Meluncur di Perairan Danau Toba

Kemenpar, CNN Indonesia | Sabtu, 29/12/2018 18:25 WIB
Kapal Penumpang Ihan Batak Meluncur di Perairan Danau Toba Berlibur ke Danau Toba kini ada transportasi baru yang dapat dinikmati, setelah PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan KMP Ihan Batak. (Foto: Kemenpar)
Medan, CNN Indonesia -- Danau Toba semakin memanjakan wisatawan dengan akses yang semakin baik. Terlebih setelah PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan KMP Ihan Batak, sehingga memudahkan mobilitas wisatawan dalam mengeksplorasi Danau Toba.

KMP Ihan Batak dirilis pada Kamis (27/12), kapal ini menghubungkan Ajibata-Ambarita. Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Imelda Alini mengatakan kehadiran KMP Ihan Batak menjadi wujud komitmen dukungan untuk sektor pariwisata.

"KMP Ihan Batak ini sudah bisa dinikmati oleh wisatawan. Masyarakat lokal di sekitar Danau Toba juga bisa menggunakannya. Pengoperasian moda ini menjadi bentuk dukungan ASDP Indonesia Ferry bagi sektor pariwisata, khususnya di sekitar Danau Toba," kata Imelda dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/12).


KMP Ihan Batak masuk kategori Ro-ro dan menjadi KMP besar pertama yang dibangun di galangan sekitar Danau Toba. Difasilitasi Kementerian Perhubungan, kapal ini memiliki ukuran 300 Gross Tonage (GT).

Imelda juga menambahkan, KMP Ihan Batak moda transportasi yang nyaman.


Didukung mesin besar, KMP Ihan Batak memiliki kapasitas angkut besar yang mampu mengangkut 280 penumpang. Kemampuan lainnya adalah membawa 35 hingga 40 unit mobil pribadi dalam waktu bersamaan. Untuk kendaraan campur, kapasitas diperkirakan 22 unit saja.

"Kapasitas angkut KMP Ihan Batak besar. Fungsinya lengkap dengan ruang pengangkutan barang yang juga lebar. Kehadiran KMP Ihan Batak jadi momentum untuk menghadirkan layanan transportasi ferry terbaik. Kapal ini andal, aman, dan nyaman bagi wisatawan," tuturnya lagi.

Kehadiran KMP Ihan Batak di Danau Toba untuk menghadapi momen perayaan Tahun Baru 2019. Terlebih tahun depan target besar kunjungan wisatawan 1 juta juga dipatok destinasi ini. Melayani mobilitas para wisatawan di poros Ajibata-Ambarita, KMP ini akan beroperasi 6 trip setiap harinya.

"KMP ini siap mendukung pergerakan para wisatawan yang ingin merayakan Tahun Baru di Danau Toba. Kami berikan yang terbaik, terutama dari segi keamanan. Yang jelas, KMP Ihan Batak ini sangat bagus untuk mendukung target wisatawan di 2019," paparnya lagi.


Aksesibilitas Kuat

Menjalani masa percobaan, ASDP Ferry Indonesia terus melakukan evaluasi berjalan atas KMP Ihan Batak ini dengan memperhatikan respons sdari publik. Sehingga, ASDP Ferry Indonesia akan terus meningkatkan mutu pelayanan.

Beroperasinya KMP Ihan Batak di perairan Danau Toba, diapresiasi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Ia mengungkapkan, KMP Ihan Batak semakin menguatkan aksesibilitas di Kawasan Danau Toba (KDT).

"Aksesibilitas di Danau Toba semakin kuat. KMP Ihan Batak ini memiliki profil bagus dengan daya angkut besar. Mobilitas wisatawan semakin mudah," ungkap Arief.


Sebelum KMP Ihan Batak hadir, Danau Toba juga sudah diperkuat Kapal Wisata Samosir. Memiliki konsep Rumah Batak Terapung, kapal ini mampu menampung 62 orang wisatawan.

Kapal ini dilengkapi tempat duduk portable, sound system canggih, ruang rapat dengan dilengkapi LCD, genset power supply, alat navigasi GPS, pelampung, mini bar serta balkon untuk berfoto.


(mid/mid)