10 Resolusi Tahun Baru 'Anti Muluk-muluk'

CNN Indonesia | Senin, 31/12/2018 08:10 WIB
10 Resolusi Tahun Baru 'Anti Muluk-muluk' ilustrasi resolusi (Raw Pixel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, jelang tahun 2019 juga diramaikan dengan catatan berbagai pencapaian dan kegagalan di 2018. Tak cuma itu, berbagai uraian soal resolusi dan rencana di 2019 pun mulai kembali disusun.

Mungkin tak semuanya rencana baru, pasti ada yang jadi rencana lanjutan dari 2018 karena belum berhasil diraih. Jadikan resolusi sisa tahun lalu yang masih dilanjutkan di tahun depan sebagai pelajaran berharga, yaitu, jangan membuat resolusi yang terlalu muluk.

Berbagai rencana dan resolusi kecil yang sederhana untuk kehidupan yang lebih baik juga bisa dijadikan resolusi yang bermanfaat.



Dilansir dari CNN, ada 10 ide resolusi sederhana dan tidak muluk-muluk yang bisa jadi inspirasi. 

1. Mengurangi asupan serba manis

Apa saja yang bisa disebut asupan serba manis? 

Yang jelas ini tidak termasuk 'janji manis'. Ada sebagian yang berpikir ini termasuk teh manis, roti isi selai kacang atau satu buah es krim. 

Tiap orang punya batasan atau definisi masing-masing mengenai makanan atau minuman manis. Tak ada yang benar-benar tidak makan atau minum-minuman manis mengingat tubuh juga masih memerlukan asupan gula. 

Godaan terberat yang bakal dihadapi ialah kebiasaan-kebiasaan kecil seperti minum kopi, nonton, atau sekadar mengetik di cafe. Kegiatan-kegiatan ini kerap ditemani kudapan serba manis. 

Namun tak perlu sampai menjauhi kudapan-kudapan ini. Cukup perhatikan dan atur berapa banyak yang akan dikonsumsi dalam sehari. 

2. Kini dan di sini

Kebersamaan dengan orang-orang terkasih terutama keluarga sering terdistraksi oleh pekerjaan dan media sosial. Oleh karenanya di 2019 perlu mencetuskan resolusi untuk 'kini dan di sini'. 

Artinya, jika bekerja, maka fokuslah bekerja. Sedangkan saat bersama keluarga maka fokus dan hadir sepenuh hati untuk mereka. Ini penting terutama untuk anak. 

3. Puasa

Keinginan untuk memiliki tubuh ideal kerap tak diimbangi dengan usaha keras mengontrol pola makan. Orang sering menyebutnya gagal diet. Ide yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba berpuasa. Bagi mereka yang Muslim, sudah barang tentu ini hal yang biasa dilakukan tiap jelang Ramadan, bahkan ini merupakan kewajiban. 

Editor Health and Wellness CNN, David G. Allan, mencoba berpuasa atas dorongan sang teman, Dilshad. Untuk pertama kalinya perut kosong selama nyaris 14 jam. Makan di pagi buta kemudian makan lagi saat matahari terbenam. 

Akan tetapi setelah menjalani puasa, ia merasakan beragam manfaat. 

"Rasanya seperti pengorbanan dan latihan disiplin, dan yang tak begitu penting, berat badan saya turun 5 kilogram," tulisnya di CNN.

4. Kontrol emosi

Jika kemarahan bisa dikonversikan ke dalam rupiah, mungkin mereka yang mudah marah bisa berkelimpahan sepanjang tahun. Sayangnya sifat gampang marah hanya akan mengacaukan segala sesuatu bahkan rencana-rencana yang sudah tertata 
baik. Emosi negatif seperti marah memang ada baiknya dirilis. Namun ia masih bisa dikendalikan. 

Pasang alarm untuk sekedar mengingatkan hal-hal yang patut disyukuri hari ini. Mulai dari hal-hal kecil hingga sesuatu hal yang besar. Pasang 
beberapa alarm hingga Anda benar-benar terbiasa. 

5. 'Detox' media sosial

Jaringan pertemanan di dunia maya sering lebih dihidupi dan menyita waktu daripada di dunia nyata. Menonaktifkan atau bahkan memutus sambungan aplikasi di ponsel tampaknya bakal jadi langkah ekstrem. Baiknya puasa dan beri waktu untuk kehidupan nyata misal saat akhir pekan. 

Berkumpul dengan teman atau keluarga, melakukan hobi atau sekadar jalan-jalan mencari inspirasi tentu akan menyenangkan. 

6. Kurangi gosip 

Sama halnya dengan puasa bermedia sosial, ada baiknya menjadikan 2019 bersih dari gosip atau kabar tak berfaedah dar dunia hiburan alias 
infotainment. Asupan tak sehat ini bisa dikurangi atau disetop apalagi yang beredar di televisi. 

7. Memilah barang tak terpakai

Tanpa sadar sepanjang tahun ada saja barang yang bertambah. Padahal barang-barang lama masih ada seperti pakaian, perkakas dapur atau peralatan elektronik. Meninggalkan tahun lama sebaiknya pisahkan antara barang yang sudah tidak terpakai sekaligus barang-barang yang sebenarnya tak mendatangkan manfaat dan kebahagiaan. Barang-barang ini bisa 'dilarikan' ke toko barang bekas atau disumbangkan ke orang yang memerlukan. 

8. Minimalisir plastik sekali pakai

Resolusi mini lain yang bisa dilatih dan diwujudkan di 2019 ialah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Kabar paus sperma yang terdampar dengan perut penuh sampah tentu banyak menggerakkan hati orang untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai misal dengan menggunakan tas belanja daripada kantong kresek dari supermarket, membawa botol minum sendiri dan menggunakan sedotan alumunium atau bambu. 

9. Perhatikan asupan kalori

Hidup memang cuma sekali, oleh karenanya asupan nutrisi buat tubuh perlu betuk-betul diperhatikan. Hal kecil seperti makan lagi setelah makan malam perlu dikurangi sebab asupan kalori terlalu banyak di malam hari malah bisa mengganggu kualitas tidur. 

10. Bergerak!

Resolusi muluk-muluk untuk olahraga seminggu tiga kali kerap hanya jadi rencana. Rencana untuk hidup lebih sehat dengan banyak bergerak bisa diwujudkan dengan mengurangi aktivitas sedenter misal duduk dengan aktivitas yang lebih memerlukan gerak misal berdiri. Mengetik tak harus selalu dilakukan sambil duduk, berdiri pun jadi. 





(els/chs)