6 Ide Makanan 'Bebakaran' Saat Tahun Baru Selain Jagung

CNN Indonesia | Senin, 31/12/2018 11:36 WIB
6 Ide Makanan 'Bebakaran' Saat Tahun Baru Selain Jagung ilustrasi pesta bbq (Pexels/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beragam cara dapat dilakukan untuk menyambut pergantian tahun baru 2019. Selain menikmati pesta kembang api, berkumpul dan bersantap bersama orang terkasih juga dapat dilakukan di malam tahun baru.

Pesta barbeque atau bakar-bakaran bisa menjadi pilihan untuk menanti pergantian tahun. Ada banyak menu makanan yang bisa menjadi pilihan untuk malam tahun baru ini. 

Namun berpikirlah lebih kreatif karena bukan cuma jagung, sosis, dan ayam saja yang bisa dibakar untuk merayakan pergantian tahun bersama teman atau keluarga. Ada banyak bahan makanan yang bisa dibakar atau diolah.



Makanan ini dapat dikombinasikan sesuai dengan selera. Berikut lima ide makanan yang dapat Anda nikmati di malam tahun baru.

1. Daging 
Aneka jenis daging seolah tak bisa dilewatkan di malam tahun baru. Daging merah seperti sapi, kambing, atau domba dan daging putih seperti ayam bisa jadi pilihan untuk dibakar bersama. Siapkan pula saus pelengkap agar rasanya semakin nikmat.

Selain itu, olahan daging seperti bakso, sosis, dan burger juga bisa ditambahkan agar menu makanan semakin beragam.

2. Seafood
Beragam makanan laut seperti ikan, udang, cumi, kepiting, dan kerang juga dapat dinikmati saat barbeque di malam tahun baru. Rasa yang nikmat dari seafood akan menggugah selera.

Jangan lupa siapkan perasan jeruk nipis agar seafood semakin segar. Setelahnya Anda bisa membuat bumbu rendam atau bumbu oles siap saji untuk dilumurkan pada aneka olahan seafood Anda.

3. Sayuran
Barbeque bukan hanya sekadar daging-dagingan. Makanan bernutrisi tinggi seperti sayuran juga bisa dijadikan pilihan. Seperti wortel, kentang, jagung paprika, bawang bombai, jamur, terung bisa dimasukkan dalam menu santap malam tahun baru. 

Potong sayuran ini dalam ukuran sedang, lalu tusuk selang-seling menjadi sate. Hasilnya, sayuran terlihat lebih menarik. Malam tahun baru tetap bisa sehat dan bernutrisi.


4. Pisang
Buah pisang juga dapat diolah di malam tahun baru. Pisang baik secara utuh maupun yang sudah digeprek bisa dibakar dengan olesan mentega. Campurkan dengan susu, cokelat butiran, atau keju agar semakin manis dan menarik.

Pisang bakar siap disantap di malam tahun baru.

5. Marshmallow
Sensasi rasa manis juga bisa didapatkan dari makanan satu ini. Makanan ringanyang bertesktur kenyal dan lembut ini tersedia dalam aneka bentuk dan warna.

Marshmallow bersama saus cokelat dapat melengkapi malam tahun baru bersama orang terkasih.

ilustrasi Foto: katesokate/Pixabay
ilustrasi

6. Kentang dan ubi
Kentang bisa jadi pilihan menarik untuk dijadikan bahan makanan bakaran saat pesta Tahun Baru. Sembari membakar kentang dan ubi, Anda juga bisa membakar makanan lain bersamaan.

Jangan lupa tambahkan keju ke atas kentang agar rasanya tambah nikmat. (ptj/chs)