Makanan yang Ampuh Redakan 'Hangover' Saat Tahun Baru

CNN Indonesia | Senin, 31/12/2018 16:16 WIB
Makanan yang Ampuh Redakan 'Hangover' Saat Tahun Baru ilustrasi minum alkohol (kaicho20/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bir dan minuman beralkohol seringkali jadi pelengkap saat pesta Tahun Baru.

Menikmati bir dan koktail hingga mabuk berat seringkali membuat kondisi badan memburuk. Lelah, mual, muntah, dan pusing merupakan beberapa gejala yang muncul saat bangun tidur setelah mabuk atau dikenal juga dengan hangover

Penelitian menunjukkan 76 persen orang dewasa mengalami gejala hangover setelah minum-minum. 



"Secara singkat, ini adalah indikasi dari respons sistem kekebalan tubuh dan respons inflamasi yang terlibat ketika alarm hangover muncul dari sistem saraf pusat, yaitu ketika konsentrasi alkohol dalam darah mencapai nol," kata Laura Veach, direktur layanan konseling khusus dan associate professor di Wake Forest School of Medicine.

"Dengan tak adanya alkohol dalam tubuh semakin memperburuk gejala mabuk pada beberapa orang."

Cara terbaik untuk mencegah mabuk berat tentunya adalah meminum alkohol atau minum secukupnya. Jangan jadikan pesta pergantian tahun baru sebagai euforia yang menyusahkan hidup Anda keesokan harinya.  

Dikutip dari CNN, para ahli juga merekomendasikan untuk tidak minum saat perut kosong karena dapat memperburuk mabuk. Pasalnya, makanan dapat memperlambat laju tubuh dalam menyerap alkohol.

Jika sudah kadung hangover, ada beberapa jenis makanan dan minuman tertentu dapat melawan mabuk berat. Saat mabuk dan tubuh terkontaminasi alkohol kadar vitamin A, B, seng, dan kalium menurun sehingga harus segera diganti.

Berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk meredakan mabuk berat.

1. Air putih
Dokter spesialis endokrin dan metabolisme obat Romy Block menyarankan untuk langsung minum banyak air saat bangun dalam keadaan hangover. 

"Jika Anda bangun dengan hangover ... segera minum air dalam jumlah banyak," kata Block .

Block menjelaskan kondisi tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat melawan gejala hangover. US National Library of Medicine bahkan merekomendasikan untuk meminum segelas air putih. 

2. Vitamin A
Saat mabuk, kadar vitamin A dalam tubuh menurun sehingga harus segera diganti. Makanan yang mengandung vitamin A seperti telur, daging, ikan dan sayuran berwarna kuning seperti kentang dapat menjadi sumber untuk vitamin A dan menangkal mabuk berat.

3. Vitamin B
Vitamin B juga bisa didapatkan dari ayam dan ikan. Makanan seperti ubi, wortel, brokoli, dan bayam juga bisa menjadi pilihan untuk meredakan mabuk berat.


4. Seng dan kalium
Nutrisi seng bisa didapatkan dari daging merah, kuning telur, biji-bijian, dan jamur. Sedangkan sumber kalium terbaik ada pada pisang dan alpukat.

Kombinasikan makanan ini sehingga dapat menangkal hangover lebih baik. (ptj/chs)