Punya Pekerjaan Baru Masih Jadi Resolusi Populer di Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 03/01/2019 08:29 WIB
Punya Pekerjaan Baru Masih Jadi Resolusi Populer di Indonesia ilustrasi bekerja (StartupStockPhotos/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apa resolusi Anda di tahun baru ini? Setiap orang pasti punya daftar keinginan yang berbeda-beda. Ada yang ingin punya pekerjaan baru, menikah, punya rumah, dan lainnya.

Hanya saja, kalau dipikir-pikir, ada beberapa jenis resolusi yang ternyata nyaris sama dan diinginkan beberapa orang. Sebut saja soal pekerjaan, status hubungan, liburan, dan sampai berat badan.

Namun di antara semuanya itu mana sih yang paling populer dan diinginkan orang Indonesia? Berdasar polling secara online yang dilakukan CNNIndonesia.com pada Rabu (2/1) melalui twitter CNNIndonesia.com pada 357 warganet mengungkapkan bahwa pekerjaan baru adalah resolusi terpopuler di tahun 2019.



Ini bukanlah hal yang aneh, pasalnya setiap tahunnya, berganti pekerjaan memang selalu jadi goal kaum pekerja untuk mendapatkan kesempatan berkarya lebih baik.

Berdasar polling, ada sekitar 38 persen responden yang mengungkapkan punya pekerjaan baru sebagai resolusi 2019 mereka.

Tahun baru ini memang kerap kali dijadikan sebuah awalan untuk mencari posisi pekerjaan, gaji, atau bahkan mengejar passion pekerjaan.

Resolusi untuk mendapat pekerjaan baru ini masih jadi resolusi populer sejak dua tahun lalu. Kenyataannya, bukan cuma orang Indonesia saja yang menjadikan punya pekerjaan baru sebagai resolusi tahun baru.

Pada 2016, sebuah survei yang dilakukan oleh Harris Poll dan Career Builder menemukan bahwa 21 persen peserta survei berharap punya pekerjaan baru di tahun baru 2016 lalu.

"Hanya karena seseorang puas dengan pekerjaannya, bukan berarti mereka tidak mencari pekerjaan lain," kata Rosemary Haefner, kepala divisi sumber daya manusia Career Builder dalam publikasinya. "Karenanya, penting bagi perusahaan untuk mempertahankan mereka dengan memenuhi kebutuhan mereka dan terus menantang mereka agar pekerjaan mereka bermakna."

Selain ingin punya pekerjaan baru, resolusi terpopuler kedua adalah ingin memiliki berat badan ideal. Sekitar 25 persen responden mengungkapkan hal ini sebagai resolusi tahun baru pilihan mereka.


Sama seperti punya pekerjaan baru, punya berat badan ideal juga jadi resolusi berulang-ulang setiap tahun. Tapi tak dimungkiri memang kalau punya berat badan ideal memang tak mudah dilakukan, namun bukannya tak mungkin.

Di posisi tiga, resolusi untuk lebih mencintai diri lewat lebih sering liburan juga jadi pilihan. Sebanyak 22 persen responden CNNIndonesia.com memilih lebih sering liburan di tahun 2019. Khusus untuk traveling, beberapa tahun belakangan ini, traveling ke berbagai tempat wisata di dalam dan luar negeri memang tengah booming di kalangan orang Indonesia. Tak jarang ada juga peluang untuk mendapatkan rezeki tambahan lewat traveling.


Uniknya, resolusi untuk mengganti status hubungan dengan lawan jenis justru menempati posisi terakhir. Hanya 15 persen responden yang memilih untuk mengganti status hubungan mereka, dari jomlo menjadi pacaran, atau pacaran menjadi menikah.

Hal ini tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk kesiapan diri, dana, kenyamanan dengan lawan jenis, sampai masih ingin fokus berkarier.

(chs/chs)