Pencuri Incar Barang dalam Wadah Pemeriksaan X-ray Bandara

CNN Indonesia | Kamis, 03/01/2019 15:14 WIB
Pencuri Incar Barang dalam Wadah Pemeriksaan X-ray Bandara Ilustrasi. (REUTERS/Eric Gaillard)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jangan berikan kesempatan kepada pencuri, begitulah nasihat orangtua. Walau terdengar membosankan, namun nasihat tersebut memang benar adanya.

Banyak berita mengenai tindak kejahatan yang terjadi di tempat wisata. Bukan cuma di hotel, kriminalitas bahkan bisa saja terjadi di dalam pesawat yang sedang terbang. Walau banyak dilakukan oleh geng kriminal, tapi tak sedikit yang dilakukan oleh orang biasa karena niat jahatnya jadi timbul akibat adanya kesempatan.

Belum lama ini terjadi kasus pencurian di Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino, Roma, Italia.


Ironisnya pencurian tersebut terjadi tepat di gerbang pengecekan penumpang, salah satu area di bandara yang paling banyak dihuni oleh petugas keamanan dan kamera pengawas.

Dikutip dari Fox News pada Kamis (3/1), pencurian dialami oleh penumpang yang sedang mengantre masuk gerbang pengecekan x-ray.

Barang yang diambil berupa uang tunai sebesar US$9.000 (sekitar Rp129 juta) dalam amplop yang ditaruh korban ke dalam wadah pengecekan x-ray.

Pencurian dilakukan oleh penumpang lain yang mengantre tepat di belakangnya.

Sang pelaku melihat korban menaruh amplop ke dalam wadah pengecekan dan langsung mengantre tepat di belakangnya.

Ia mengambil amplop tersebut beserta barang bawaannya saat sang korban masih berurusan dengan petugas keamanan di gerbang pengecekan x-ray.

Sang korban diketahui masih mengenakan ikat pinggang, sehingga petugas keamanan memintanya melepasnya.

Usai melewati gerbang pengecekan x-ray dan berniat mengambil barangnya dalam wadah pengecekan, sang korban bingung amplop yang dibawanya hilang.

Petugas keamanan langsung melakukan memeriksa kamera keamanan dan merunut kejadian sebelumnya.

Aksi pencurian yang dilakukan di tengah kesibukan bandara itu ternyata tertangkap kamera.

Petugas keamanan langsung mencari pelaku ke seluruh sudut bandara. Tidak lama kemudian pelaku ditemukan dan mengaku kalau uangnya disembunyikan di kamar mandi bandara dan akan diambil setelah ia kembali dari Rusia.

Amplop berisi uang lalu dikembalikan kepada korban, yang mengaku kalau uang tersebut akan digunakan untuk pengobatan salah satu anggota keluarganya.

Entah nasib apa yang dialami sang pelaku saat ini, namun video aksi kejahatannya telah disebarkan melalui akun Twitter satuan pengamanan bandara.



Petugas keamanan mengatakan kalau pelaku bukanlah pencuri yang ulung, pasalnya ia berniat melakukan kejahatannya hanya karena melihat ada barang berharga teronggok di tengah kesibukan gerbang pengecekan, bukan karena telah mengincar sang korban sebelumnya.

Kejadian ini bisa menyadarkan penumpang, terutama yang membawa barang berharga dalam perjalanan seperti uang tunai dan barang elektronik, agar lebih waspada dengan keadaan sekitar.

Hindari membawa uang tunai dalam jumlah besar saat melakukan perjalanan dengan transportasi publik. Jika terpaksa, maka beritahu pihak bandara atau maskapai penerbangan agar mendapat pengawalan lebih ketat.

Selebihnya jangan biarkan barang berharga teronggok begitu saja dalam wadah pengecekan. Masukkan ke dalam tas agar tidak mengundang niat jahat orang di sekitar.

(agr/ard)