FOTO: Pesta Barbekyu di Tengah Amuk Perang Pakistan

AFP, CNN Indonesia | Minggu, 06/01/2019 19:17 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah amuk perang yang melanda Pakistan, kota perbatasan Peshawar tetap mempertahankan reputasinya sebagai kawasan barbeku ternama.

Sebuah kota perbatasan di Pakistan, Peshawar, mempertahankan reputasinya sebagai tempat terbaik untuk mendapatkan sajian barbeku di tengah perang berdarah yang melanda negara tersebut. (Photo by ABDUL MAJEED/AFP)
Seorang mahasiswa Pakistan, Mohammad Fahad, menempuh perjalanan berjam-jam menuju Peshawar hanya untuk menikmati sajian barbekyu yang dihidangkan.
Kuliner-kuliner lezat itu dibuat dengan resep nenek moyang. Resep itu berasal dari tanah suku Pashtun, sebuah daerah yang berbatasan dengan Afghanistan. (Photo by ABDUL MAJEED / AFP)
Sajian barbekyu ini dinilai lebih sederhana jika dibandingkan dengan kari yang terbilang rumit. (Photo by ABDUL MAJEED / AFP)
Dalam tradisi ini, potongan daging dan lemak ditusuk dengan satu batang. Tusukan itu dimasak perlahan di atas kobaran api. Minimnya rasa asin membuat sajian itu terasa lembut. (Photo by ABDUL MAJEED / AFP)
Hidangan terkenal lainnya adalah karahi. Makanan yang satu ini terbuat dari irisan daging kambing yang dimasak bersamaan dengan potongan lemak kambing. Potongan-potongan itu disajikan bersama cabai hijau dan tomat yang tak terlalu banyak. (Photo by ABDUL MAJEED / AFP)
Peshawar sendiri sebelumnya dikenal sebagai salah satu kawasan berbahaya.
Namun, keamanan di kota kuno itu beranjak membaik dalam beberapa tahun terakhir. Keamanan Peshawar yang baik mendorong bisnis kulinernya terus berkembang. (Photo by ABDUL MAJEED / AFP)
Tak seperti kota-kota lain di Pakistan yang memiliki lebih banyak alternatif hiburan, di Peshawar yang sangat konservatif, makan di luar adalah kegiatan rekreasi utama.