Ayam Geprek dan Siomay Paling Banyak Dipesan Saat Tahun Baru

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 16:30 WIB
Ayam Geprek dan Siomay Paling Banyak Dipesan Saat Tahun Baru Ilustrasi ayam geprek. (Foto: CNN Indonesia/Tabayyun Pasinringi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pekan pertama tahun 2019, Grab merilis makanan terpopuler yang dipesan melalui Grabfood saat pergantian malam tahun baru. Kecenderungan masyarakat Indonesia menyantap makanan lokal saat merayakan pergantian tahun.

Grab merangkum tiga menu yang paling banyak dipesan pengguna di Indonesia yakni ayam geprek, siomay, dan kue apam.

Tren ini berbanding terbalik dengan pengguna di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina.


Menu terpopuler yang banyak dipesan pengguna Grabfood di Malaysia yakni pearl milk tea, satay, dan prosperity beef burger McDonald's.

Menu McDonald's lainnya yakni apple pie juga paling banyak di pesan di Singapura. Dua menu populer lainnya yakni fried chicken dan tau huay (soya beancurd).

Sedangkan donut, pork panggang, dan pearl mik tea paling banyak dipesan di Filipina. Sementara di Vietnam, tiga menu terpopuler yakni banh mi, bia Tiger (bir Tiger), dan bo bia.

Secara kuantitas, Grab mencatat kwetiau goreng menjadi makanan paling banyak dipesan di Indonesia sebanyak 40 porsi atau setara dengan Rp1,5 juta. Di Malaysia, pesanan senilai Rp1.003.601 (291 ringgit) untuk pesanan udang mentega, ikan asam manis, kerang pedas, ikan telur asin, tahu kacang, udang marmite dan jus jeruk.

Sedangkan di Filipina pesanan dari Goldilocks berisi kue coklat, lumpia, lasagna, dan dinuguan paling banyak dipesan senilai Rp651.700 (2.400 peso). Sebuah pesanan dari zi-char yang terdiri dari nasi goreng, bayam, kang kung, ayam saus udang, telur goreng fu yong, hor fun dan ayam lemon senilai Rp1,5 juta paling banyak dipesan di Singapura saat malam tahun baru.

Thailand mencatat pesanan 300 pudding custard senilai 14.400 baht atau setara Rp6.412.000. Di Vietnam, pesanan terbanyak senilai Rp1.604.900 dong untuk sebuah pesanan terdiri dari nasi basmati, ayam tikka masala, ayam punjabi, ayam labadar, roti tandoori, dan naan mentega.

Hingga akhir 2018, Grabfood telah tersedia di 139 kota di Indonesia. Grab menargetkan Grabfood bisa menjadi layanan pemesanan makanan nomor wahid di Asia Tenggara. (evn)