7 Tempat di Asia Tenggara yang Harus Dikunjungi Solo Traveler

CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 19:32 WIB
7 Tempat di Asia Tenggara yang Harus Dikunjungi Solo Traveler Marina Bay, Singapura, adalah kawasan yang cocok disambangi jika solo traveling. (Foto: REUTERS/Kevin Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asia Tenggara adalah sebuah kawasan yang kaya 'warna' dan 'rasa' bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi, baik beramai-ramai maupun sendirian.

Kuil-kuil kuno yang tersembunyi dalam rimbunnya hutan, hingga beragam menara pencakar langit menjulang di tengah kota, bisa ditemui dengan mudah di Asia Tenggara. Namun ingat, keselamatan tetap nomor satu.

Mengutip theculturetrip, Selasa (8/1), berikut adalah kawasan di Asia Tenggara yang harus disambangi jika ingin memuaskan hasrat bepergian seorang diri atau solo traveling.


Luang Prabang, Laos

Luang Prabang adalah bekas ibukota kerajaan Laos, tak heran jika di sini banyak sisa-sisa arsitektur dari masa penjajahan Prancis yang bergesekan dengan bangunan-bangunan kayu tradisional ala Laos.

Jangan lewatkan pasar malam raksasa kota ini yang menawarkan beragam jajanan pinggir jalan, souvenir, dan buah tangan buatan lokal.

Taman Nasional Chitwan, Nepal

Pada awal 2000an, upaya-upaya besar dilakukan untuk menghentikan perburuan di Taman Nasional Chitwan di Nepal. Sebagai hasilnya, taman tersebut tumbuh subur dan penghuni alaminya dapat hidup damai.

Nepal aman dan terbuka bagi para wisatawan solo dan Anda bisa mendapatkan pengalaman sosial dengan masyarakat sekitar jika Anda tinggal di salah satu penginapan bergaya homestay di sana.

Marina Bay, Singapura

Alasan utama mengunjungi Singapura adalah negara ini selalu konsisten sebagai salah satu tempat paling aman di dunia untuk wisatawan.

Kawasan Marina Bay sangat cocok dikunjungi di kala langit sudah gelap, tepatnya ketika pertunjukan-pertunjukan cahaya di Marina Bay Sands sudah dimulai, acara-acara musik live gratis di teater luar Esplanade dimainkan, dan kerumunan orang tengah mengantri di gerai-gerai makanan di Gluttons Bay.

Kampot, Kamboja

Bertempat dekat pantai selatan Kamboja, Kampot berdiri di bantaran sungai Praek Tuek Chhu dan dikelilingi permukiman yang indah.

Kota Kampot yang mungil dan tenang tampaknya tak menjanjikan di peta, tapi pesonanya membuat banyak wisatawan yang datang enggan pergi.

Cu Chi, Vietnam

Bertempat persis di luar Kota Ho Chi Minh, goa-goa Cu Chi adalah bagian dari sebuah museum raksasa yang menceritakan kisah Perang Vietnam. Goa-goa itu sendiri membentuk jaringan bawah tanah luas yang dulu mencapai perbatasan Kamboja.

Ada dua situs yang dapat Anda kunjungi, Ben Dinh dan Ben Duoc, yang dalamnya dapat Anda telusuri. Apabila Anda harus memilih satu, Ben Duo sedikit lebih jauh dari Kota Ho Chi Minh, tapi kurang bernuansa wisata.

Chiang Mai, Thailand

Chiang Mai seolah dibuat untuk para wisatawan solo. Selama bertahun-tahun Chiang Mai menarik pengembara-pengembara digital yang datang untuk menjelajahi kawasan pasar malam, kuil-kuil mengagumkan, dan kelas memasak, dan kafe-kafe eksentrik.

Angkor Wat, Vietnam

Angkor Wat adalah bagian yang sangat ikonis dari peninggalan budaya Kamboja sampai-sampai muncul di bendera negara itu sejak tahun 1850-an. Eksplorasilah Taman Arkeologi Angkor yang mengelilingi kawasan Angkor Wat, penuh dengan kera dan margasatwa menarik lainnya. (ims/agr)