Etika Sebelum Mandi di Onsen

CNN Indonesia | Rabu, 09/01/2019 05:04 WIB
Etika Sebelum Mandi di Onsen Ilustrasi pemandian air panas. (Foto: CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemandian air panas di Jepang (Onsen) merupakan salah satu atraksi wisata yang cukup populer di kalangan turis dari negara lain.

Hal ini dikarenakan berendam di Onsen dipercaya bisa membuat rileks, selain membuat sehat karena kaya akan kandungan mineral.

Namun tidak jarang yang tahu jika Onsen berbeda dengan Sento. Air di Onsen berasal dari sumber air panas alami, sementara sento menggunakan air panas buatan.


Ada banyak tipe Onsen, tapi dua yang populer adalah roten-buro (pemandian luar ruang) dan noten-buro (pemandiaan dalam ruang).

Ada beberapa Onsen yang terkenal di Jepang yakni Kusatsu (Gunma), Hakone (Kanagawa), Kurokawa (Oita), dan Noboribetsu (Hokkaido)

Mengutip live japan, berikut adalah etika yang perlu diperhatikan ketika memasuki Onsen.

Jangan berdiam di pintu

Orang jepang biasanya menghindari kontak fisik dengan orang asing, dan menghalangi jalan membuat ruang privasi mereka terganggu.

Lepaskan semua baju

Semua baju renang atau handuk besar tidak diperbolehkan di area pemandian. Tidak perlu malu bertelanjang karena semua yang ada di pemandian juga harus telanjang. Selain itu lepas sepatu dan taruh barang bawaan di loker yang disediakan

Jangan gunakan ponsel di area ruang ganti atau pemandian

Hal ini untuk menghindari kecurigaan bahwa kemungkinan memotret diam-diam potret tidak senonoh mereka. Kalau harus menggunakan ponsel, gunakanlah di dalam loker.

Masuklah dengan tenang

Sebelum memasuki pemandian, mandi terlebih dahulu dengan sabun lalu bilaslah badan dengan air panas. Ikat dan sanggul rambut dengan rapi sebelum masuk ke dalam air panas. Ketika memasuki pemandian, jangan menyipratkan air dengan loncat, menyelam atau apapun. Duduklah dengan tenang dan nikmati saja

Selain itu upayakan untuk terus berbilas sebelum memasuki area pemandian lainnya atau sauna dan juga sebelum memasuki kamar mandi. Pastikan untuk menjaga pandangan agar atmosfir yang aman dan nyaman tercipta untuk semua orang dan bicaralah dengan volume rendah. (fau/agr)