Cuaca Buruk, Lawan Penyakit dengan Perkuat Kekebalan Tubuh

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 09:45 WIB
Cuaca Buruk, Lawan Penyakit dengan Perkuat Kekebalan Tubuh Ilustrasi flu (Istockphoto/Tharakorn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cuaca sedang tak menentu. Sejenak udara terasa panas menyengat, sejenak lagi hujan deras menghantam. Cuaca demikian membuat tubuh mudah terserang penyakit akibat sistem kekebalan tubuh yang kian menyurut.

Ahli gizi, Ysabel Montemayor, mengatakan bahwa memperkuat kekebalan tubuh penting dilakukan untuk menghindari tubuh dari kotoran, kuman, dan hal buruk lainnya agar tak mudah terjangkit penyakit.

Banyak cara untuk menjaga kekebalan tubuh. Mulai dari tidur nyenyak, mengonsumsi makanan bernutrisi, dan menghindari stres.


Namun, di luar cara-cara itu, masih banyak upaya lain yang bisa dilakukan demi menjaga sistem kekebalan tubuh. Beberapa cara itu terbilang tak terduga.

Berikut mengutip Bustle, beberapa tips menarik yang dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Mengonsumsi banyak bawang putih
Bawang putih dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan dapat membantu mengobati infeksi. "Bawang putih memiliki komponen anti-inflamasi (bagian dari respon imun sistem kekebalan tubuh)," kata ahli imunologi, dr Tania Elliott.

Komponen tersebut akan bekerja mengatur bahan kimia tertentu dalam sistem kekebalan tubuh yang bertanggung jawab untuk memerangi virus dan bakteri.

2. Mandi dengan air dingin
Meski melakukannya di pagi hari terasa menyiksa, tapi mandi dengan air dingin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa ketika tubuh mencoba melakukan pemanasan setelah merasa kedinginan, laju metabolisme dalam tubuh akan meningkat.

3. Mengonsumsi suplemen minyak ikan
Suplemen minyak ikan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Apa yang terkandung di dalamnya ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Minyak ikan akan membangun sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan serta meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan polifenol.

4. Mengonsumsi bawang mentah
Meski terasa aneh, tapi bawang mentah mengandung sejumlah manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Elliott mengatakan, mengonsumsi bawang mentah sangat disarankan bagi Anda yang tengah terkena flu.

5. Menaburkan cabai bubuk ke dalam makanan
Tips ini bisa dilakukan para pencinta masakan pedas. Elliott mengatakan, cabai rawit mampu mengurangi lendir virus dan bakteri yang menyebabkan peradangan.

Namun, perlu dicatat, taburan cabai bubuk ini hanya berlaku bagi Anda yang tak bermasalah dengan perut.

6. Kumur-kumur dengan air garam
Ini merupakan tips bagi Anda yang tengah mengalami masuk angin. Elliott menyarankan Anda untuk berkumur-kumur dengan air garam laut yang hangat.

Air garam disebut mampu membasmi virus, bakteri, alergi, dan lendir di tenggorokan. (ims/asr)