Studi: Dopamin Mengontrol Perilaku Makan Manusia

CNN Indonesia | Rabu, 09/01/2019 13:55 WIB
Studi: Dopamin Mengontrol Perilaku Makan Manusia Ilustrasi makan (Picjumbo/Viktor Hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak cuma menimbulkan rasa senang, dopamin juga diketahui berperan mengendalikan perilaku makan manusia. Hal itu diketahui dalam sebuah penelitian anyar yang dilakukan oleh Max Planck Institute yang memperlihatkan peran lain dopamin.

Selama ini, dopamin dikenal sebagai senyawa alami dalam tubuh yang berperan penting dalam proses pengiriman sinyal di dalam otak.

Peneliti menemukan otak melepaskan lebih banyak dopamin saat seseorang mengonsumsi makanan yang benar-benar diinginkannya. Artinya, saluran pencernaan saling mengirimkan sinyal pada otak dalam mengendalikan makanan seseorang.


Dikutip dari Neuro Science News, dopamin merupakan zat terpenting dari sistem imbalan pada tubuh. Zat ini selalu dilepaskan oleh otak saat keinginan tercapai atau bahagia.

Hasil ini didapat setelah peneliti melakukan eksperimen dengan menawarkan milkshake kepada para partisipan. Pada saat yang sama peneliti mengukur pelepasan dopamin di dalam otak.

Saat pertama kali mencicipi milkshake, peneliti menemukan otak langsung melepaskan gelombang awal dopamin. Setelah milkshake itu tiba di dalam perut, otak kembali melepaskan gelombang dopamin berikutnya.

"Percobaan sebelumnya dengan tikus telah menunjukkan bahwa ketika makanan mencapai perut, itu langsung dilaporkan ke otak. Hasil kami menunjukkan bahwa ini juga terjadi pada manusia," kata pemimpin penelitian, Marc Tittgemeyer.

Selain itu, peneliti juga menemukan hubungan antara keinginan dan pelepasan dopamin. Peserta yang lebih menginginkan milkshake, melepaskan lebih banyak dopamin saat mencicipi minuman itu.

"Data kami menunjukkan bahwa menginginkan makanan tertentu terkait erat dengan dopamin," ujar peneliti lainnya Heiko Backes. (ptj/asr)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA