Polling: Gantungan Kunci Jadi Oleh-oleh Paling Populer

CNN Indonesia | Minggu, 13/01/2019 16:23 WIB
Polling: Gantungan Kunci Jadi Oleh-oleh Paling Populer Ilustrasi oleh-oleh (Istockphoto/Imgorthand)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak lengkap rasanya jalan-jalan tanpa membawa pulang buah tangan. Seolah-olah, sanak keluarga dan kerabat tengah menunggu pemberian oleh-oleh yang Anda bawa dari lokasi pelesir.

Beragam jenis oleh-oleh sudah tersedia di tempat wisata dan dapat dipilih sesuka hati. Mulai dari makanan ringan hingga benda-benda unik dan lucu dapat dijadikan kenang-kenangan tanda kembali dari melancong.

Dari berbagai sumber dan studi, CNNIndonesia.com menemukan terdapat beberapa jenis oleh-oleh paling populer di dunia. Oleh-oleh ini hampir selalu ditemukan di setiap lokasi wisata. Yang menjadi pembeda tentu ciri khas dari setiap tempat. Biasanya perbedaan itu terlihat dari corak, motif, atau bahkan rasa.


Oleh-oleh populer itu adalah cokelat, gantungan kunci, kaus, dan magnet. Empat jenis oleh-oleh ini selalu ada dalam urutan cendera mata paling populer di dunia, meski urutannya tak selalu sama.

Bagaimana dengan pilihan pembaca CNNIndonesia.com? Secara daring, CNNIndonesia.com melakukan polling melalui Twitter untuk mengetahui oleh-oleh paling populer saat berwisata. Polling ini diikuti oleh 427 warganet.


Hasilnya, mayoritas pembaca CNNIndonesia.com memilih gantungan kunci sebagai oleh-oleh paling populer. Gantungan kunci dipilih lebih dari setengah partisipan polling yakni 51 persen, unggul jauh dari pilihan lainnya.

Di tempat kedua, pembaca CNNIndonesia.com memilih kaus dengan polling sebesar 29 persen. Disusul dengan cokelat sebanyak 12 persen dan magnet sebesar 8 persen.

Tak salah jika gantungan kunci jadi yang paling populer lantaran bentuknya yang kecil sehingga mudah dibawa-bawa. Bentuk yang ditawarkan gantungan kunci juga sangat beragam, unik, dan kreatif. Serta yang paling penting, harganya pas di kantong para pelancong.

Travel blogger, Alexander Thian juga sepakat dengan oleh-oleh paling populer ini. Pemilik akun @amrazing ini sudah berkelana ke berbagai belahan dunia.

"Oleh-oleh paling populer sepanjang pengamatan aku, sih, magnet kulkas, gantungan kunci di toko oleh-oleh yang lucu-lucu, gampang dibawa pulang," kata Alexander kepada CNNIndonesia.com.

Khusus untuk di daerah yang terkenal dengan cokelat, Alexander mengaku lebih memilih camilan satu ini untuk dibagikan ke orang terdekat karena memiliki desain yang lucu.

"Biasanya kalau misalnya ke negara yang produksi cokelatnya memang enak-enak seperti Swiss, Belgia, atau negara Eropa lainnya, aku lebih suka beli cokelat untuk dibagi-bagikan, desainnya lucu-lucu banget," tutur Alexander. (ptj/asr)