FOTO: Masjid Terbesar Ketiga Dunia yang Bergelimang Kemegahan

Reuters , CNN Indonesia | Minggu, 13/01/2019 16:53 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Masjid Agung Syekh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, merupakan mesjid terbesar ketiga di dunia yang bergelimang kemegahan.

Masjid Agung Syekh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab adalah mesjid ketiga terbesar di dunia setelah Masjid al-Haram di Mekah dan Masjid an-Nabawi yang didirikan Nabi Muhammad di Madinah, Arab Saudi. (REUTERS/Hamad I Mohammed)
Masjid seluas 12 hektar ini didaulat menjadi mesjid dengan kubah terbesar di dunia ini bisa menampung 41 ribu jemaat dan 8 ribu umat di aula utamanya. (REUTERS/Suhaib Salem)
Bagian dalam masjid dihias dengan marmer dari Yunani dan Italia, emas, kristal, keramik, dan batu-batuan seperti lazuli, batu akik merah, kecubung, kulit kerang, dan nacre. (Andrew Caballero-Reynolds/Pool via Reuters)
Butuh 12 tahun untuk menyelesaikan masjid ini. Konstruksi masjid ini sengaja ditinggikan 11 meter dari permukaan laut dan 9,5 meter dari permukaan jalanan. (REUTERS/Hamad I Mohammed)
Biaya proyek pembangunan masjid ini menelan biaya Rp9,5 triliun (2,5 dirham Uni Emirat Arab). Pembangunannya melibatkan 38 perusahaan konstruksi dan 3.500 pekerja. (Andrew Caballero-Reynolds/Pool via Reuters)
Masjid ini diberi nama sesuai dengan pendiri dan presiden pertama Uni Emirat Arab, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nayan. Ia meninggal tiga tahun sebelum masjid selesai pada 2007. Sang pelopor pun dimakamkan di masjid ini. (Andrew Caballero-Reynolds/Pool via Reuters)
Karpet seluas 5.625 meter persegi yang digunakan di masjid ini dibuat dari 2.268 juta simpul itu juga jadi yang terbesar di dunia. Karpet itu dibuat oleh 1.200 pengrajin karpet Iran menggunakan 35 ton wol dan 12 ton katun. (REUTERS/Suhaib Salem)
Masjid ini dibangun sebagai peringatan perang untuk memperingati tentara yang mati syahid dan warga Emirat lain yang mengorbankan hidupnya untuk melayani negara. (REUTERS/Suhaib Salem)