Memelihara Hewan Mampu Perbaiki Gaya Hidup

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 10:45 WIB
Memelihara Hewan Mampu Perbaiki Gaya Hidup Ilustrasi (REUTERS/Juan Carlos Ulate)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kini, semakin banyak orang yang menjadikan hewan peliharaan sebagai bagian dari keluarganya. Hewan peliharaan dianggap teman, saudara, bahkan anak sendiri.

Wajar-wajar saja. Sebab hewan peliharaan tak hanya menggemaskan saat diajak bermain. Mereka juga punya banyak manfaat bagi kesehatan si pemiliknya.

Meski kasih sayang orang terhadap hewan peliharaan kerap dianggap berlebihan, namun faktanya ada banyak hal yang bisa didapatkan dari kebiasaan itu, termasuk dalam hal kesehatan.


Studi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti menemukan analisis anyar yang didapat dari interaksi antara hewan dan manusia. 

Studi yang dipublikasikan dalam MDPI Journal ini menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan di Jerman dan Australia 15 persen lebih jarang mengunjungi dokter untuk memeriksakan kesehatannya daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Salah satu faktor utamanya adalah gaya hidup yang membaik saat ikatan emosional antara si pemilik dan hewan peliharaan terjalin dengan kuat. Tingkat emosional yang tinggi ini membuat manusia lebih banyak menghabiskan waktu dengan hewan peliharaannya.

Mengutip Inverse, peneliti menemukan, seorang pemilik akan sering mengajak anjing peliharaannya berjalan-jalan di sekitar rumah. Intensitas jalan-jalan itu lebih banyak daripada mereka yang tidak memiliki anjing peliharaan.

Seiring hal tersebut, hidup bersama hewan peliharaan juga secara tidak langsung turut berkontribusi dalam perbaikan gaya hidup.

Lebih dari itu, memelihara hewan juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, penurunan tingkat stres, dan peningkatan aktivitas fisik.

Memperbaiki hubungan sosial

Ikatan antara manusia dan hewan tidak hanya baik untuk kesehatan manusia, tapi juga terhadap hubungan sosial antarmanusia. Orang yang memiliki hewan peliharaan kerap menemukan bahwa kegiatan dengan hewan peliharaan mereka pada akhirnya menciptakan hubungan anyar dengan orang lain.

Jejaring sosial yang dikembangkan berdasarkan kepedulian bersama atas kesejahteraan hewan dapat menyebabkan interaksi antarmanusia. (asr/asr)