5 Persiapan Wajib Jika Wisata ke Luar Negeri Naik Lion Air

Advertorial, CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 00:00 WIB
5 Persiapan Wajib Jika Wisata ke Luar Negeri Naik Lion Air Foto: Shutterstock
Jakarta, CNN Indonesia -- Traveling ke luar negeri memang jadi agenda banyak orang setiap tahunnya. Berbagai destinasi wisata pun diincar oleh para pelancong guna mendapatkan liburan yang menyenangkan. Beberapa maskapai bertarif murah seperti Lion Air dan Air Asia sering menjadi pilihan banyak orang untuk keluar negeri, khususnya negara-negara di Asia Tenggara.

Namun ke mana pun tujuannya, traveling selalu butuh persiapan yang matang. Pastikan Anda menyiapkan aneka barang penting di dalam koper atau tas. Apalagi jika Anda melanjutkan perjalanan hingga negara-negara Asia atau Eropa setelah turun di salah satu negara Asia Tenggara dengan Lion Air.

Dikarenakan sekarang masih awal tahun, negara-negara di bagian utara bumi masih mengalami musim dingin dan beberapa di antaranya malah sedang ada di puncaknya. Namun bukan berarti Anda harus mengurungkan niat untuk melihat salju secara langsung. Syaratnya, Anda hanya butuh persiapan guna berwisata di wilayah bersalju.


Apa saja yang perlu kamu siapkan dan lakukan saat berlibur ke negara bersalju? Simak panduannya di bawah ini.

1. Selalu Sedia Obat-Obatan Pribadi

Indonesia sedang mengalami musim penghujan. Jika pergi ke bagian bumi utara, Anda akan menemukan musim dingin. Mungkin tubuh Anda butuh sedikit adaptasi dengan perubahan cuaca. Bisa jadi, Anda mengalami gatal atau sesak napas karena perubahan suhu. Maka Anda harus selalu sedia dengan obat-obatan pribadi.

Bawa perlengkapan Anda sendiri dan selalu sedia cadangan di dalam koper dan di kantong jaket. Bukan hanya obat-obatan, Anda juga butuh persiapan body lotion guna menjaga kulit tidak kering. Tidak ada salahnya juga berkomunikasi dengan dokter pribadi sebelum bepergian. Jadi, dokter bisa memberikan saran untuk Anda sebelum pergi ke negara bersuhu dingin.

2. Tidak Nekat Mencoba Hal Ekstrem

Biarpun hanya hujan biasa, bukan berarti Anda bisa seenaknya tidak menggunakan payung. Tetap tinggal di penginapan merupakan hal yang bijaksana alih-alih keluar rumah dan ingin mencoba hal baru saat hujan atau badai. Menjaga keselamatan saat liburan juga wajib kamu lakukan hingga Anda kembali lagi ke negara asal.

Anda juga harus punya rencana cadangan jika pesawat untuk pulang ke Indonesia ternyata dibatalkan karena badai. Setidaknya, Anda wajib membawa uang lebih untuk menambah waktu liburan dadakan sampai badai reda.

3. Memperhatikan Tanda Peringatan

Datang ke tempat asing butuh kewaspadaan berlipat ganda. Anda mungkin belum tahu hal-hal apa yang sering terjadi di tempat tersebut. Jadi sebisa mungkin selalu perhatikan tanda, rambu, atau marka yang ada di tempat Anda pergi. Biasanya, pemerintah setempat memasang peringatan jika memang sering terjadi bahaya di daerah tersebut.

Bukan hanya saat di destinasi tujuan. Kewaspadaan juga harus Anda siapkan setelah turun dari pesawat Lion Air dan tiba di bandara. Selalu mengecek kembali barang-barang bawaan dan pastikan tidak ada yang tertinggal di pesawat. Selain itu, jangan tinggalkan barang bawaan Anda tanpa pengawasan di bandara.

4. Bawa Pakaian Berlapis

Untuk menjaga tubuh tetap hangat di cuaca dingin, Anda perlu memakai pakaian berlapis walaupun hanya di dalam ruangan. Jaket dan sweater guna menjaga kehangatan tubuh. Jika ingin keluar, sebaiknya menggunakan sepatu boot yang bisa sekaligus menghangatkan kaki. Syal dan sarung tangan juga jadi pakaian wajib jika negara yang didatangi sedang hujan atau mengalami cuaca dingin.

Mau tidak mau memang barang bawaan jadi penuh di dalam koper. Tenang, Anda tidak perlu khawatir kelebihan beban bagasi di pesawat. Jika memang membawa barang bawaan yang banyak, Anda bisa memanfaatkan fitur tambahan extra baggage jika membeli tiket pesawat dari Traveloka. Dengan layanan ini, Anda bisa mendapatkan lebih banyak baggage allowance untuk masuk ke dalam pesawat.

5. Selalu Punya Nomor Darurat

Menyimpan nomor darurat juga wajib dilakukan. Setidaknya Anda punya nomor kedutaan Indonesia yang ada di negara tujuan. Jika memang dibutuhkan, mereka bisa membantu Anda mencarikan solusi. Tenang, sudah banyak negara bersalju dengan perwakilan pemerintah Indonesia di sana. Jadi ada baiknya Anda selalu berkomunikasi dengan mereka.

Nah mumpung sekarang masih musim dingin, tidak ada salahnya mulai merencanakan bepergian ke negara bersalju. Jangan lupa untuk memesan tiket dan hotelnya di Traveloka. (adv/adv)