Mandeh, Destinasi Sport Tourism Baru di Sumatera Barat

CNN Indonesia | Selasa, 15/01/2019 07:04 WIB
Mandeh, Destinasi <i>Sport Tourism</i> Baru di Sumatera Barat Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang selama ini dikenal sebagai Raja Ampat-nya tanah Minang resmi didaulat sebagai destinasi wisata sport tourism unggulan.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, menuturkan Sumbar sendiri sudah lama memiliki event lomba balap sepeda internasional, Tour de Singkarak (TdS), yang melintasi hampir ke seluruh kota dan kabupaten.

"Kini Sumbar memiliki Mandeh sebagai destinasi sport tourism yang akan mengawali dengan event lomba lari Mandeh Run 2019," kata Arief, dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (15/1).


"BRI Mandeh Run 2019 bisa sangat efektif mempromosikan pariwisata Mandeh."

Menpar mengapresiasi penyelenggaraan Mandeh Run 2019, dalam rangka mempromosikan Mandeh yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan mengandalkan wisata bahari sebagai atraksi unggulannya.

Mandeh Run 2019 akan dilangsungkan pada 3 Maret 2019 di kawasan outdoor Amphitheatre Kanagarian Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Rencananya lomba lari itu akan diikuti sekitar 2.000 peserta, 100 peserta di antaranya atlet mancanegara.

Para pelari itu akan terbagi dalam beberapa kategori yakni 5K, 10K dan 21K akan unjuk kekuatan untuk memperebutkan hadiah hingga Rp400 juta sambil menikmati keindahan alam Mandeh berupa pantai, bukit, dan kuliner serta budaya dan keramahtamahan masyarakatnya.

Salah satu tokoh penggerak pariwisata Mandeh, Andrinof A Chaniago, mengatakan penyelenggaraan acara sport tourism ini diharapkan bisa menguatkan Mandeh sebagai destinasi wisata olahraga, sekaligus mengenalkan jalan baru sepanjang 43 kilometer yang baru selesai dibangun.

Kawasan wisata Mandeh yang menyuguhkan gugusan pulau membentang melingkar seluas 18 ribu hektare di Teluk Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan.

Teluk Carocok Tarusan cukup landai dan tidak berombak karena disekitarnya terdapat beberapa pulau kecil diantaranya Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, selain tentunya Pulau Cubadak.

Sementara di bagian selatan kawasan ini, tepatnya di Kampung Carocok, ada sebuah teluk yang menyerupai danau raksasa lengkap dengan riaknya yang tak pernah berhenti.

Sedangkan di sisi utara Kawasan Mandeh terdapat gugusan pulau seperti Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular, dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Pulau Sikuai.
(agr)