Gelombang Model 'Berkeriput' Ramaikan Industri Mode China

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 08:34 WIB
Gelombang Model 'Berkeriput' Ramaikan Industri Mode China ilustrasi nenek (Istockphoto/grinvalds)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usia yang sudah memasuki kepala lima tak membuat Ma Yinhong minder melenggang di catwalk sebagai model. Dengan percaya diri dan kepala tegak sedikit angkuh, model tua itu melangkah memamerkan busana bercorak floral dengan rambuk cepaknya yang dipulas pirang.

Di usia 56 tahun ini, Yinhong terbilang baru merintis karier di dunia modeling. Dia pertama kali menjadi model profesional sejak dua tahun lalu. Kini, kerja keras Yinhong berbuah hasil. Dia banyak mendapatkan tawaran peragaan busana, termasuk bekerja untuk label fesyen ternama seperti Dolce & Gabbana.

Penampilan Yinhong tak terlihat seperti orang seusianya. Tubuhnya tegap, matanya tajam, dan keriputnya tersamarkan lewat make up. Dia juga rutin menata rambut setiap tiga minggu sekali dan berolahraga teratur di pusat kebugaran.


"Saya tidak pernah keluar tanpa berdandan. Saya tidak pernah membiarkan diri saya terlihat seperti nenek tua," kata Yinhong kepada AFP, yang ditemui dalam peragaan terbaru dari Uooyaa. Peragaan itu menggunakan campuran model dari beragam rentang usia muda dan lansia, serta model asing.

Yinhong hanya satu dari semakin banyak model tua yang dicari oleh label China dan internasional untuk peragaan busana. Model tua ini digunakan untuk menyasar para orang tua di China yang semakin peduli pada mode.

"Mereka menempatkan saya sebagai model pamungkas dalam peragaan busana setelah model-model muda, jadi saya cukup terlihat," ucap Yinhong.

Orang-orang tua kini tengah mendominasi populasi penduduk di China. Pada 2050 nanti, diperkirakan satu dari tiga orang di China atau 487 juta orang akan berusia di atas 60 tahun. Menurut kantor berita Xinhua, jumlah ini bahkan lebih banyak daripada populasi Amerika Serikat.

Populasi orang tua di China ini pun didukung dengan peningkatan pendapatan dan standar hidup. Hal itu juga berarti peningkatan konsumsi para lansia dalam beberapa tahun ke depan, termasuk dalam industri mode.

Para manula pun kini jadi orang yang paling dicari untuk mempromosikan pakaian, aksesori, dan kosmetik. Mereka dianggap lebih efektif ketimbang model yang masih muda.

"Pasar untuk model-model senior di China belum besar, tetapi berkembang," kata agen model Michelle Chien dari ESEE Model Management, salah satu agensi terbesar di China. (ptj/asr)