Rawat Kesehatan Kulit dan Rambut dengan Semangka

CNN Indonesia | Selasa, 15/01/2019 18:21 WIB
Rawat Kesehatan Kulit dan Rambut dengan Semangka Ilustrasi semangka (condesign/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semangka jadi pilihan buah yang menyegarkan, apalagi saat cuaca panas mendera. Buah kaya air ini seolah mampu menggantikan segelas air, meski hanya dinikmati sepotong.

Namun, manfaat semangka tak cuma itu. Selain punya kemampuan menghidrasi tubuh, semangka juga bisa membikin rambut dan kulit kian segar.

Berikut merangkum berbagai sumber, manfaat semangka untuk kulit dan rambut.

1. Menyuburkan rambut
Rambut yang sehat dapat dilihat dari pertumbuhannya yang subur. Rambut sumbur memerlukan adanya aliran darah yang lancar hingga kulit kepala.

Untuk melancarkan darah hingga ke kulit kepala, tubuh memerlukan zat arginine. Secara alami, semangka mengandung banyak citrulline yang meningkatkan kadar arginine sehingga rambut kian tubuh subur.

2. Melembutkan dan mencegah kerontokan
Semangka merupakan sumber vitamin C yang baik. Mengutip Stylecraze, setiap 100 gram semangka mengandung 8,1 miligram vitamin C atau sekitar 13,5 persen. Vitamin C penting untuk sintesis kolagen sehingga rambut makin kuat dan terhindar dari rontok.

Tak hanya itu, biji semangka juga disebut mampu melembapkan rambut sehingga terasa lebih lembut.

3. Hidrasi kulit
Kemampuan semangka menghidrasi tubuh tak perlu diragukan lagi. Semangka bahkan mampu menghidrasi tubuh hingga ke lapisan kulit. Hidrasi diketahui mampu membantu Anda menghindari kulit kering dan kusam.

Selain itu, semangka juga dapat digunakan secara langsung pada permukaan kulit sebagai toner. Air semangka bisa meresap hingga ke jaringan kulit dan membantu menyegarkan kulit.

4. Lindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari
Berada di bawah paparan sinar matahari terlalu lama dapat menyebabkan kulit terbakar (sunburn). Semangka bisa menolong kulit yang terbakar karena mengandung karotenoid seperti likopen lebih dari 4 ribu mikrogram per 100 gram sajian. Dikutip dari Curejoy, kandungan likopen ini lebih tinggi 40 persen daripada likopen pada tomat.

Riset mengindikasikan bahwa konsumsi diset yang kaya akan likopen bisa mengurangi kulit kemerahan secara signifikan dan erythema (peradangan kulit akut) yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

5. Mencerahkan kulit
Tak hanya menghidrasi, semangka pun mampu membantu mencerahkan kulit. Semangka mengandung komponen antioksidan yang disebut glutathione atau komponen pencerah kulit.

Warna kulit timbul karena melanin. Semakin banyak melanin, maka kulit kian gelap. Komponen glutathione bekerja dengan menghambat tyrosinase yang memainkan peranan penting untuk memproduksi melanin. Riset membuktikan baik konsumsi langsung maupun dengan cara dioleskan sama-sama mampu mencerahkan kulit.

6. Lawan tanda penuaan
Keinginan untuk memiliki kulit segar dan muda bisa diwujudkan bersama semangka. Semangka mengandung antioksidan yang dapat melawan efek radikal bebas sehingga menghindari munculnya tanda-tanda penuaan sebelum waktunya.

Cukup konsumsi jus semangka secara rutin untuk memperoleh manfaat ini.


(els/asr)