Komunikasikan Cinta lewat Berbagai Sentuhan

CNN Indonesia | Sabtu, 19/01/2019 00:43 WIB
Komunikasikan Cinta lewat Berbagai Sentuhan Ilustrasi (Condesign/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan tak akan tahu bahwa dirinya dicintai dan diperhatikan jika rasa itu tak dikomunikasikan. Dari lima bahasa cinta, sentuhan fisik jadi satu cara paling intim untuk menunjukkan cinta.

Sentuhan fisik bukan sembarang sentuhan. Sentuhan fisik memiliki manfaat emosional dan psikologis terhadap pasangan.

Mengutip Elite Daily, Tiffany Field dari Touch Research Institute, University of Miami, melakukan riset empiris tentang sentuhan pada 2010 lalu. Riset menyebut bahwa sentuhan pada pasangan berhubungan dengan peningkatan detak jantung, tekanan darah dan kortisol, serta meningkatkan kadar oksitoksin.


Tak hanya itu, riset juga menyebut bahwa sentuhan bisa meningkatkan perhatian, menurunkan depresi, dan meningkatkan sistem imun.

Ada beberapa sentuhan yang bisa Anda praktikkan demi hubungan yang kian adem.

1. Menggenggam tangan pasangan
Berpegangan tangan adalah salah satu sentuhan yang kerap dilakukan pasangan. Sentuhan ini lumrah terjadi, apalagi saat berjalan kaki berdua di trotoar jalan.

Agar lebih intim, Anda bisa memegang tangan pasangan di momen berbeda, seperti saat agenda makan malam berdua.

Tak perlu dilakukan terlalu lama. Gestur sederhana ini memberikan makna mendalam dan menciptakan getaran yang lebih intim antara Anda dan pasangan.

2. Sentuhan jari-jari pada tangan
Sentuhan lembut dengan sedikit colekan jari pada tangan pasangan bakal membuat suasana makin intim. Tak ada yang lebih manis daripada menonton film bersama, seraya dengan lembut memainkan jari jemari di tangan pasangan.

3. Kecupan pada dahi
Berbeda dengan ciuman pada bibir yang menyiratkan sedikit birahi, kecupan pada dahi akan terasa lebih manis. Komunikasikan rasa sayang Anda pada pasangan melalui kecupan di dahi. Tindakan kecil ini bisa mengawetkan hubungan.

4. Memainkan rambut
Cara lain untuk menunjukkan rasa cinta pada pasangan ialah dengan memainkan rambut. Anda bisa coba saat menonton serial televisi berdua di rumah. Langkah ini akan terasa sangat manis.

5. Sentuhan pada pundak saat ngobrol
Sentuhan pada pundak bisa jadi sarana untuk menekankan obrolan. Jika pasangan merasa 'down' dan memerlukan dukungan, sentuhan pada pundak akan menimbulkan rasa aman dan dukungan. Tepukan lembut pada bahu dapat menimbulkan rasa nyaman. (els/asr)


BACA JUGA