Inspirasi Menu Makan Malam Populer di Dunia

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 19:56 WIB
Inspirasi Menu Makan Malam Populer di Dunia Ilustrasi hot pot (Istockphoto/Chaded2557)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malam jadi waktu paling tepat untuk menikmati santapan nikmat. Udara yang cenderung dingin ditambah waktu yang lebih santai membuat menu makan malam kerap istimewa.

Beberapa negara memiliki menu makan malam khusus yang biasa disantap warganya. Dengan menu makan malam khusus, mereka bertahan dari dinginnya cuaca.

Mengutip Food Beast, berikut menu yang bisa jadi inspirasi santap malam Anda.


1. Momo - Nepal
Momo merupakan sajian berupa pangsit. Namun, pangsit satu ini merupakan tipe pangsit Asia Selatan yang banyak ditemukan di Tibet, Bhutan, Nepal, Landakh di India Utara dan area India lain.

Secara tradisional, momo diisi dengan sedikit daging. Seiring berjalannya waktu, momo diisi dengan kombinasi daging, sayur, tahu, keju panir, dan chhrupi atau keju keras lokal. Momo paling pas disajikan bersama saus berbahan tomat.

2. Pho - Vietnam
Di Vietnam, pho layaknya makanan harian yang bisa disantap untuk sarapan, makan siang, makan malam, atau sebagai selingan makan besar. Menu ini baik disajikan saat cuaca dingin lantaran aroma kaldu, daun-daunan segar, mi, dan daging yang lembut. Belum lagi kuahnya yang membikin hangat.

3. Tagine - Maroko
Tagine atau tajine merupakan hidangan khas Maroko yang dimasak dengan tembikar. Tagine dimasak dalam waktu cukup lama sehingga menghasilkan olahan dalam pot tembikar empuk.

Tagine biasanya dibuat dengan irisan daging, unggas atau ikan, bersama dengan sayuran atau buah. Campuran bahan utama ini kemudian dicampur dengan bumbu seperti jahe, jintan, kunyit, kayu manis, kacang-kacangan, serta buah-buahan kering. Umumnya, Tagine disantap bersama roti.

4. Gnocchi - Italia
Piza atau pasta mungkin jadi makanan asal Italia yang biasa ditemui di berbagai negara. Namun, masih ada satu menu Italia yang bikin nyaman di cuaca dingin, yakni gnocchi.

Menu ini terbuat dari semolina (semacam gandum giling keras dan kasar), tepung terigu, telur, keju, kentang, remah roti, serta bahan lain. Terkadang, beberapa mencampur gnocchi dengan sayuran, daun rempah, dan kokoa.

5. Sup mi ayam - Amerika Serikat
Hidangan klasik ala Amerika ini dapat menghangatkan tubuh. Sup mi ayam merupakan menu rumahan yang mudah dibuat. Sup dibuat dari sayuran, ayam, dan kaldu ayam. Umumnya sup ditambah dengan mi atau pasta serta biji-bijian seperti beras dan barley.

Tak cuma sebagai santapan malam yang nikmat, sup satu ini juga kerap dijadikan santapan saat sakit lantaran dipercaya mampu meredakan flu.

6. Fondue - Swiss
Di Swiss, fondue jadi hidangan populer saat musim dingin. Dari cara menyantapnya, hidangan ini tampak seru.

Tusukkan roti kering berbentuk kubus ke dalam panci berisi campuran keju dengan garpu panjang. Namun, sebelumnya, panci yang biasa disebut caquelon ini terlebih dahulu digosok dengan potongan bawang putih dan cengkeh. Campuran keju biasanya terdiri dari keju Gruyere dan Emmentaler, anggur putih, serta kirsch (fermentasi buah ceri).

Sejak 1950 silam, istilah fondue telah diperluas ke hidangan lain. Panci berisi campuran keju pun dikreasikan menjadi chocolate fondue sehingga yang dicelupkan adalah potongan buah.

7. Goulash - Hungaria
Masakan ini merupakan daging yang direbus dengan tambahan paprika dan bumbu lain. Goulash jadi menu favorit di Hungaria maupun di Eropa Tengah.

Rahasia untuk meracik goulash yang lezat ialah saat memasukkan daging, mi, sayuran dan kaldu di tembikar. Masukkan paprika dan aduk hingga rasanya pas. Orang Hungaria biasa menyajikan goulash bersama kentang atau pangsit dalam porsi besar.

8. Udhiyu - India
Beralih ke India, ada hidangan bernama undhiyu. Hidangan berbahan dasar sayuran ini berasal dari Gujarat. Undhiyu terbuat dari ubi, labu ivy, brinjal, dan daun fenugreek.

Nama undhiyu berasal dari bahasa Gujarat 'undhu' yang berarti 'terbalik'. Hidangan ini memang diolah di bawah tanah dengan tembikar yang disebut 'matlu'. Tembikar pun dipanaskan di atas tanah dengan api.

9. Hot pot - China
Hot pot sebenarnya bukan nama menu makanan. Ini istilah untuk menyebut teknik memasak.

Sebuah panci berisi kaldu ditempatkan di tengah meja dikelilingi bahan-bahan makanan ala Asia Timur seperti potongan daging, daun-daunan, jamur, mi wonton, pangsit telur, tahu, dan makanan laut.

Bahan makanan ini 'dimasak' di panci kaldu langsung. Di China, keluarga berkumpul di sekeliling meja hot pot. Masing-masaing memasak bahan makanan yang disukai. Makanan pun kemudian disantap dengan tambahan saus atau sambal.

10. Sup bawang - Perancis
Sup memang layak dijadikan menu musim dingin. Namun, sup bawang dari Perancis ini tak boleh dilewatkan.

Sup dibuat dari kaldu daging dan bawang bombay. Kemudian, dilengkapi dengan bawang bombay yang telah dikentalkan.
Selain itu sup juga diberi potongan roti berukuran besar ditambah keju leleh. Pada proses akhir pembuatan, sup diberi sentuhan minuman brendi. (els/asr)