#10YearsChallenge, Tantangan Viral yang Hiasi Media Sosial

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 10:15 WIB
#10YearsChallenge, Tantangan Viral yang Hiasi Media Sosial ilustrasi (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia maya kini punya 'mainan' baru. Setelah berbagai tantangan atau challenge yang mendebarkan dan mungkin mengancam nyawa, kini ada challenge baru yang terbilang 'aman.'

Challenge terbaru yang viral adalah #10YearsChallenge. Banyak selebriti dan orang umum yang ikut dalam tantangan ini. Semua orang mengunggah fotonya tentang melakukan tantangan tersebut.

Dalam tantangan ini, mereka hanya perlu membandingkan foto 10 tahun lalu dengan foto saat ini. Hal ini berarti foto 'before after' dari tahun 2009 dengan tahun 2019.



Tantangan ini viral di berbagai platform media sosial terutama instagram, facebook, twitter. Hanya saja sampai saat ini tak diketahui siapa yang memulai gerakan ini pada awalnya. Namun diduga challenge ini dipicu oleh fitur 'memories' di facebook. 

Apa sih sebenarnya tantangan ini?

Mengutip berbagai sumber, tantangan ini memang menggambarkan perubahan diri da. penampilan Anda selama 10 tahun terakhir.

Tantangan 10 Year Challenge ini punya banyak nama, salah satunya adalah how hard did aging hit you (#HowHardDidAgingHitYou) sampai #GlowUp challenge.

Lewat foto dulu dan sekarang yang disusun bersisian ini ternyata memiliki pesan tertentu. Secara keseluruhan, pesan yang diberikan adalah tentang mencintai diri sendiri dan menunjukkan kepada dunia kalau Anda makin bersinar seiring pertambahan usia alias aging gracefully.

Tak cuma masyarakat umum yang mengikuti tantangan ini, tapi juga para selebriti. Sebut saja Amy Schumer, Diplo, Chelsea Handler, Sarah Silverman, Reese Witherspoon, Jessica Biel, Miley Cyrus, dan lainnya.

Uniknya pada beberapa selebriti, mereka justru terlihat tak menua. Sebaliknya seperti sindrom Benjamin Button, mereka justru terlihat lebih muda. Beberapa lainnya justru terlihat sama saja dengan tampilan 10 tahun lalu. Salah satunya Gordon Ramsay.

[Gambas:Instagram]

Diplo, yang juga ikut serta dalam tantangan ini justru membuat lelucon. Dia mengunggah fotonya di sebelah foto James Van Der Beek, pemeran utama dalam serial populer Dawson's Creek.

Sedangkan DJ Armin Van Buuren juga membuat lelucon dari 10 years challenge. Alih-alih mengunggah foto dulu dan sekarang, dia justru mengunggah foto sekarang dan masa depan.

Namun untuk menggambarkan tampilan masa depannya dia justru mengunggah foto Gordon Ramsay.
[Gambas:Instagram] (chs/chs)