Menu Makanan Orang Eskimo untuk Jaga Tubuh Tetap Hangat

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 06:42 WIB
Menu Makanan Orang Eskimo untuk Jaga Tubuh Tetap Hangat Ilustrasi orang eskimo. (Istockphoto/Loredo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merasa kedinginan akhir-akhir ini? Anda tak sendirian dan mungkin jauh lebih beruntung.

Pasalnya, orang Inuit atau lebih dikenal dengan sebutan Eskimo menghadapi udara dingin sepanjang tahun. Hanya saja mereka bisa bertahan hidup dan menjaga kehangatan tubuhnya. Selain memakai jaket tebal, mereka juga mengandalkan makanan untuk membuat tubuhnya hangat.

Tinggal di lingkungan serba es membuat mereka tidak mengandalkan tanaman sebagai bahan makanan. Kebanyakan, menu daging yang tersedia di meja makan. 



Bahan makanan inilah yang membuat mereka bertahan dari udara dingin sehingga tubuh tetap bugar dan sehat. 

"Darah dan daging anjing laut, paus, karibu dan beruang kutub memenuhi diet orang Inuit. Mereka juga makan burung dan telur, dan ikan termasuk cod Arktik, sculpin, dan ikan danau tawar," kata John, seorang ilmuwan barat dikutip dari Food Beast

Ia menambahkan bahwa orang Eskimo juga makan tumbuhan seperti rumput laut, rumput, akar dan beri. Meski banyak makan daging, mereka tak mengalami obesitas, diabetes tipe 2 maupun penyakit jantung. Ini karena mereka mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3. Omega 3 baik untuk mencegah berbagai penyakit termasuk penyakit jantung. 

Menu apa saja yang tersedia di meja makan?

1. Akutaq, yakni beri yang dicampur dengan lemak. Secara tradisional, akutaq dibuat dengan lemak padat dengan beri seperti cranberry, salmon berry, crowberry, cloudberry dan blueberry, ikan, akar dengan minyak binatang atau lemak. Sebagai tambahan mereka mencampurkan gula, susu dan mentega. 

2. Bannock yakni makanan berbentu roti pipih. Roti dibuat dari tepung gandum, soda kue, gula, lemak babi dan air atau susu. Bahan-bahan ini pun dicampur dan diuleni. Kemudian, adonan digoreng dengan lemak, minyak sayur atau mentega. Proses berikutnya, roti dipanggang dalam oven atau dimasak di atas tongkat. Orang Eskimo kadang menyantap bannock bersama rempah dan buah kering. 

3. Suaasat merupakan menu sup yang dibuat dari anjing laut, paus, karibu atau burung laut. Kadang mereka juga menggunakan daging rusa kutub. Sup juga diberi bawang bombay dan kentang. Untuk bumbu, mereka cukup menggunakan garam dan lada atau daun salam. 

4. Orang Eskimo kadang memasak saatsat kental dengan beras atau dengan merendam barley dalam air selama semalam sehingga barley pun jadi lunak. (ptj/chs)