Cekrak-Cekrek With OPPO

Gratis Belajar Fotografi Low Light di Bali, Yuk Cek di Sini

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 16:16 WIB
Gratis Belajar Fotografi Low Light di Bali, Yuk Cek di Sini Cekrak-cekrek edisi keempat. (Dok. Markom CNNIndonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat ini teknologi fotografi berevolusi cepat. Fotografi bukan lagi milik mereka-mereka yang menggunakan kamera DSLR atau mirrorles. Kehadiran ponsel yang memiliki kamera berteknologi canggih menjadi tren baru dalam fotografi. Semua orang pun kini bisa menjadi pemotret.

Sejalan dengan tren ini, para produsen ponsel juga mengadopsi fasilitas pada kamera terutama untuk memudahkan pengguna berkreasi dalam fotografi. Meski tak seunggul kamera DSLR ataupun mirrorless, kamera ponsel dengan kepraktisannya memiliki nilai plus tersendiri.

Pada fotografi, banyak teknis yang bisa dieksplorasi, salah satunya memanfaatkan cahaya minim (low light) yang melahirkan beberapa kesan menarik. Namun, untuk mendapatkan foto dengan cahaya minim ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran, terlebih lagi memotretnya menggunakan kamera ponsel.


Fotografi low light tak hanya terjadi pada malam hari, tapi juga ketika suasana cukup redup, kekurangan cahaya. Fotografi indoor (dalam ruang) tanpa keberadaan sumber cahaya natural seperti matahari juga dapat dikategorikan sebagai fotografi low light.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memotret dalam kondisi low light. Misalnya saja pemilihan waktu seperti fajar menjelang pagi atau sore menjelang senja. Cahaya langit yang masih terlihat ditambah dengan pendaran lampu-lampu kendaraan dan gedung-gedung tinggi menjadikan foto terasa lebih sempurna dan memiliki kesan.

Selain itu, peralatan seperti tripod juga dibutuhkan jika ingin menghasilkan foto yang presisi (tidak goyang ataupun blur). Hal ini karena low light kamera membutuhkan kecepatan/speed yang rendah untuk merekam cahaya yang lebih banyak.

Ada banyak tips-tips lain yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin mencoba fotografi low-light, seperti penggunaan ISO serta mode M (Manual), atau pengaturan resolusi.

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai konsep ini, jurnalis foto CNNIndonesia.com Safir Makki akan berbagi ilmu dalam kelas fotografi CNNIndonesia.com yang bernama Cekrak Cekrek.

Edisi keempat Cekrak Cekrek ini disponsori OPPO dan akan digelar di Bali.

Pendaftaran untuk mengikuti acara ini gratis dan terbatas hanya untuk 10 peserta. Seluruh peserta yang terpilih akan diterbangkan ke Bali untuk mengikuti photo hunting dengan akomodasi ditanggung oleh panitia.

Nantinya, peserta hunting yang karyanya lolos seleksi juga bakal ditampilkan di Galeri Foto Wisata CNNIndonesia.com, sekaligus bisa dan berkesempatan mendapatkan hadiah berupa 2 Handphone OPPO R17 Pro. Bagi Anda yang tertarik untuk mengikutinya, bisa menyimak syarat-syaratnya di bawah.

Syarat & Ketentuan #CekrakCekrekWithOPPO

1. Peserta wajib follow akun Instagram @CNNIndonesia & @OPPOIndonesia

2. Upload foto bertemakan Human Interest di Instagram. Foto boleh diambil menggunakan kamera DLSR, Mirrorless ataupun Smartphone.

3. Format Caption, beri caption foto dengan seinformatif dan sejelas mungkin. Sertakan Nama Lengkap, Kota Domisili, dan Usia. Mention @cnnindonesia & @oppoindonesia dan wajib beri hashtag #CekrakCekrekWithOPPO #OPPOR17Pro

4. Foto yang diupload adalah foto milik sendiri. Jika diketahui menggunakan foto orang lain, akan didiskualifikasi

5. Peserta boleh mengupload foto berbeda lebih dari satu kali.

6. Foto yang diunggah tidak diperkenankan mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan atau pencemaran nama baik.

7. Akan dipilih 10 orang dengan foto dan caption terbaik untuk mengikuti photo hunting di Bali selama 3D2N (14-16 Februari 2019) dan berkesempatan mendapatkan 2 Handphone OPPO R17 Pro. Akomodasi ditanggung oleh CNN Indonesia & OPPO Indonesia.

8. Periode upload foto di instagram dimulai tanggal 15 Januari 2019-4 Februari 2019.

9. Pengumuman pemenang Photo Hunting di Bali akan diumumkan pada 8 Februari 2019

10. Foto yang diupload belum pernah memenangkan perlombaan sebelum-sebelumnya.

11. Akun instagram yang diprivate akan didiskualifikasi.

12. Panitia tidak bertanggung jawab jika ada tuntutan terhadap foto yang diupload.

13. Pengumuman pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

14. 10 karya foto terpilih dan terbaik menjadi hak milik OPPO Indonesia dan CNN Indonesia. Hak cipta foto tetap milik fotografer/pemenang.

15. Pemenang yang berhalangan berangkat ke Bali, akan dianggap gugur dan digantikan oleh finalis lain. Pemenang akan dikonfirmasi 5 hari sebelum keberangkatan.

16. Syarat dan Ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan dan persetujuan peserta.

17. Dengan mengikuti lomba foto ini, maka peserta telah dianggap menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

18. Program ini tidak dipungut biaya. Hati-hati atas penipuan yang mengatasnamakan CNNIndonesia.com & OPPO Indonesia.

19. Program ini tidak berlaku untuk karyawan CNN Indonesia dan OPPO Indonesia. (vws)