Spanyol Didatangi 82 Juta Turis Sepanjang Tahun Lalu

AP, CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 14:53 WIB
Spanyol Didatangi 82 Juta Turis Sepanjang Tahun Lalu Wisatawan di Mallorca. (AFP PHOTO / JAIME REINA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Spanyol baru saja merilis data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke negaranya sepanjang tahun 2018. Berdasarkan data tersebut tercatat sebanyak 82,6 juta wisman telah berkunjung ke Spanyol.

Menteri Pariwisata Spanyol, Reyes Maroto, mengatakan Spanyol masih bersaing ketat dengan Prancis yang menyabet gelar negara dengan jumlah kunjungan wisman terbesar di dunia tahun 2017.

Mengutip AP pada Kamis (17/1), tahun 2017 Prancis berhasil disambangi oleh sekitar 87 juta wisman. Namun sayangnya Prancis belum mempublikasikan jumlah kunjungan wisman tahun 2018.


Maroto mengatakan jumlah kunjungan wisman ke Spanyol tahun 2018 hanya naik satu persen dibanding tahun 2017.

Namun jumlah pengeluaran mereka naik 3,1 persen, menjadi US$103 miliar (sekitar Rp1,46 kuadriliun)

Tapi Kepala Badan Pariwisata Spanyol (Turespana), Hector Gomez, menuturkan keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa atau Brexit akan membawa dampak pada pariwisata Spanyol tahun 2019.

"Agak sulit untuk mendulang wisman, khususnya dari Inggris pada tahun ini, sehingga kemungkinan terjadi sedikit kelesuan," ujar Gomez.

Spanyol memiliki kawasan untuk para pemuja iklim tropis, Kepulauan Balears adalah tujuan utama wisatawan Eropa termasuk Inggris.

Keelokan alamnya telah membawa nama Balears sebagai destinasi paling populer di Mediterania barat.

Kepulauan Balears di Spanyol terdiri dari empat pulau utama yang terdiri dari Ibiza, Formentera, Mallorca, Menorca, dan beberapa pulau kecil di sekelilingnya.

Pulau-pulau tersebut memiliki karakter dan ciri khasnya masing-masing. Bagi yang ingin pesta tanpa jeda, Ibiza adalah jawabannya. Namun jika ingin mencari ketenangan, maka sambangilah Formentera.

Sementara Mallorca adalah kawasan wisata kuliner dan sejarah. Jika ingin menyatu dengan alam, maka kunjungilah cagar biosfer di Menorca.

(agr/ard)