Dikritik Minim Ilmu, Mantan Model Victoria's Secret 'Protes'

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 16:52 WIB
Dikritik Minim Ilmu, Mantan Model Victoria's Secret 'Protes' Gisele Bundchen (REUTERS/Paulo Whitaker)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan supermodel Brasil sekaligus mantan bintang Victoria's Secret Gisele Bundchen membela dirinya sebagai aktivis lingkungan, setelah menteri pertanian baru Brasil menuduhnya mengkritik tanpa pengetahuan.

"Sangat mengejutkan melihat nama saya disebut dengan nada negatif karena membela dan memprotes lingkungan," tulis model tersebut dalam twitternya dikutip dari AFP.

"Sejak 2006 saya telah mendukung berbagai proyek dan terlibat dalam berbagai hal lingkungan dan sosial," katanya. 




Dia juga mengungkapkan bahwa sepanjang perjalanannya terlibat dalam masalah lingkungan dan sosial itu dia banyak belajar dan mendapat banyak pengetahuan.

Rekam jejak Bundchen di dunia lingkungan bukan hal baru. Setelah undur diri dari catwalk dunia pada 2015 lalu, dia pun lebih banyak fokus di sisi lain.

Bundchen sendiri pun diangkat sebagai duta Goodwill PBB untuk perlindungan satwa liar pada 2016. Setahun kemudian dia pun bekerja untuk menjaga kelestarian alam akibat adanya aktivitas penambahan di beberapa bagian Amazon. Baru-baru ini dia mengkritik Undang-Undang yang melonggarkan aturan regulasi pestisida.

Cuitan Bundchen ini disebabkan oleh komentar Menteri Pertanian Brasil Tereza Cristina.

"Maaf Gisele, Anda harus menjadi duta besar kami dan mengatakan bahwa negara Anda memelihara (lingkungan)," ucap Cristina dan menuduh Bundchen mengkritik tanpa tahu masalah dan penyebabnya.

"Bahwa negara Anda berada di baris depan untuk pelestarian lingkungan global, dan tidak mengkritik Brasil tanpa tahu faktanya."

Mengutip Guardian, Cristina juga menggambarkan Bundchen sebagai orang Brasil yang buruk. Dia beranggapan bahwa aksi lingkungannya telah mencemari citra negara di luar negeri

Namun dalam cuitannya, Bundchen yang tinggal di Amerika bersama suaminya, bintang NFP Tom Brady tak menyebut nama Cristina dalam suratnya. Namun dia mengungkapkan membuka pintu seluas-luasnya untuk berkolaborasi bersama Brasil dalam kegiatan positif untuk lingkungan.

"Saya bilang Bundchen bisa menjadi duta untuk Brasil untuk menunjukkan bahwa kami memproduksi aneka hasil pertanian untuk dunia sembari menjaga lingkungan. Model ini akan segera mendapatkan undangan dari kami," kata Cristina. (chs/chs)