Beda Jas yang Dipakai Prabowo dan Sandiaga di Debat Capres

CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 13:37 WIB
Beda Jas yang Dipakai Prabowo dan Sandiaga di Debat Capres Prabowo dan Sandiaga Uno (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gaya pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat Debat Capres Perdana 2019 menarik perhatian. Prabowo-Sandi sama-sama mengenakan pakaian formal berupa setelan jas, dasi merah, dan dipadukan dengan peci.

"Pakai jas bukan hal aneh. Orang ada yang ngantor saja pakai jas. Dia bisa meningkatkan rasa percaya diri. Kita merasa lebih ganteng dan keren," ujar Stephen Wongso, desainer sekaligus salah satu pemilik Wong Hang Tailor saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (16/1). 

Namun, jika diamati lebih teliti, jas yang dikenakan Prabowo-Sandi memiliki banyak perbedaan. Prabowo mengenakan jas jenis double breasted atau kancing ganda, sedangkan Sandi memakai single breasted atau satu kancing. 



Dua jenis jas ini sama-sama jadi pilihan dalam acara formal sejak tahun 1900. Hanya saja, belakangan double breasted kalah pamor ketimbang single breasted. Sejak Perang Dunia II, para pria lebih banyak mengenakan setelan jas berkancing satu  karena lebih simpel dan praktis.

Mengutip Real Men Style, double breasted juga sedikit lebih formal dibandingkan single breasted. Double breasted jadi gaya yang identik dengan para pria Inggris dan banyak dikenakan di acara kerajaan. Sedangkan single breasted lebih dikenal sebagai jas gaya Amerika.

Seperti namanya, jas double breasted memiliki kancing ganda untuk menyatukan sisi kanan dan kiri jas. Jumlah kancing inilah yang menjadi perbedaan nyata double breasted dan single breasted. 

PrabowoFoto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Prabowo
Single breasted memiliki jumlah satu, dua atau tiga kancing, yang paling umum adalah dua kancing. Jas Sandiaga juga memiliki dua kancing. Sementara double breasted memiliki empat, enam atau delapan kancing. Yang paling umum adalah enam kancing, sama seperti yang dipakai Prabowo.

Karena kancing ganda inilah double breasted juga memiliki ukuran kain yang lebih luas untuk menjangkau kancing terjauh. Saat kacing dikatupkan, akan terlihat banyak kain yang bersinggungan. Berbeda dengan single breasted yang tak banyak kain berlebih.

Perbedaan lain juga terlihat pada kerah. Pada single breasted, kerah cenderung lebih berlekuk. Sedangkan double breasted memiliki sisi yang lebih menonjol pada kerah. Hal inilah yang menjadi alasan double breasted lebih formal karena dianggap memiliki kerah yang tinggi. 


Mengutip GQ, jas double breasted akan menciptakan citra yang klasik, maskulin, dan berisi. Sedangkan single breasted dikenal dengan gaya yang lebih kasual dan muda. Sisi muda ini ditunjukkan dengan potongan slim fit yang membentuk tubuh. (ptj/chs)