Memberkati Anjing dan Kucing Peliharaan di Gereja Madrid

REUTERS, CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 20:01 WIB
Memberkati Anjing dan Kucing Peliharaan di Gereja Madrid Pemilik hewan peliharaan mendatangi St Anthony the Abbot, di Madrid, Spanyol. (REUTERS/Sergio Perez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hewan peliharaan layaknya sahabat bahkan keluarga untuk sebagian orang. Pada Kamis (17/1) sebuah gereja di Spanyol mengadakan pemberkatan untuk hewan peliharaan imut ini.

Gelaran tahunan ini dalam rangka peringatan pesta santo pelindung binatang yakni Santo Antonius.


Pastor gereja St Anthony the Abbot, Angel Garcia memperkirakan lebih dari 15 ribu hewan peliharaan diboyong pemilik mereka ke gereja pada tahun ini.


Garcia menjelaskan Antonius semasa hidupnya memang peduli terhadap anjing dan binatang-binatang terlantar. Dia sering mengobati binatang yang sakit dan memberi makan mereka.

"Itulah (cerita) dari mana tradisi seperti ini berasal," imbuhnya dikutip dari Reuters (18/1).


Keyakinan akan anugerah perlindungan dari Antonius membuat Maria Diaz, seorang warga Madrid turut mengunjungi gereja. Dia datang bersama anjing peliharaannya yang bernama Rita.


"Kami ke sini tiap tahun sejak saya memiliki Rita dan kami datang bersama, iya kan Rita?" ujar Diaz sambil memeluk sang anjing.

"Santo Antonius akan memberkatimu. Jangan gemetar."

Pemilik dan anjing peliharaannya di gereja St Anthony the Abbot, Madrid, Spanyol. (REUTERS/Sergio Perez)

Tradisi untuk membawa hewan peliharaan demi memperoleh berkat Santo Antonius dilakukan turun menurun. Hal yang sama masih dilakukan Diana Castillo yang juga memiliki anjing.

Dikatakannya tradisi ini sudah ia lakukan sejak generasi kakek dan neneknya. Tepatnya 35 tahun lalu sejak tradisi ini dimulai.

"Kami dari Madrid selama beberapa generasi dan Santo Antonius selalu jadi gereja yang sangat penting untuk keluarga kami. Saya ke sini sejak mengadopsi dia (anjingnya) tujuh tahun lalu dan kami datang tiap tahun," tuturnya.

(els/ard)