Hiu Putih Raksasa Ditemukan di Perairan Hawaii

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 17:33 WIB
Hiu Putih Raksasa Ditemukan di Perairan Hawaii Hiu putih besar yang ditemukan di perairan Oahu, Hawaii, pada 15 Januari 2019. (@JuanSharks/@OceanRamsey/Juan Oliphant/oneoceandiving.com via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hiu putih yang diyakini sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah ditemukan di lepas pantai Hawaii oleh penyelam yang berenang bersama predator tersebut.

Hiu betina sepanjang enam meter, yang mirip dengan hiu sebelumnya bernama Deep Blue, ditemukan sedang berenang bebas di perairan Oahu pada Selasa (15/1).


"Ketika itu kami melihat beberapa hiu harimau. Lalu ia muncul dan membubarkan kawanan hiu lainnya. Setelah berenang beberapa saat ia mulai mendekati perahu kami dan berusaha mengguncangnya," kata Ocean Ramsey, salah satu penyelam, seperti yang diberitakan oleh Honolulu Star Adviser.


[Gambas:Instagram]

"Ia terlihat besar dan cantik. Ia berusaha mendekati perahu kami karena ingin menggaruk punggungnya," tambah Ramsey yang mendapat kesempatan berenang bersama hiu putih besar itu.


"Kami memulai perjalanan sejak matahari terbit dan ia mengikuti kami sepanjang hari."

Ramsey mengatakan hewan itu, yang diyakini berusia setidaknya 50 tahun dan beratnya diperkirakan 2,5 ton, "sangat lebar dan mungkin sedang hamil."

Penampakan hiu putih besar jarang terjadi di Hawaii, di mana airnya terlalu hangat.

Deep Blue, yang memiliki akun Twitter sendiri dan menjadi subjek film dokumenter beberapa tahun yang lalu, sebelumnya terlihat di sekitar Pulau Guadalupe di lepas pantai Meksiko.

(ard)