Kemolekan Pantai Tablolong Dirusak Kondisi Fasilitasnya

ANTARA, CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 03:12 WIB
Kemolekan Pantai Tablolong Dirusak Kondisi Fasilitasnya Pantai Tablolong di Kupang, NTT. (Foto: Istockphoto/Paoloarsie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Objek Wisata Pantai Tablolong, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapat sorotan dari wisatawan yang mengunjunginya.

Kawasan Pantai Tablolong yang terletak di ujung barat Pulau Timor, merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Nusa Tenggara Timur.

Wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara, yang berkunjung ke Pantai Tablolong mengeluhkan kerusakan fasilitas di sana.


"Fasilitas yang ada dalam lokasi wisata Pantai Tablolong banyak yang rusak dan tidak pernah diperbaiki," kata Hendrik, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (20/1).

Hendrik mengatakan beberapa tempat peristirahatan bagi wisatawan, semuanya dalam kondisi rusak sehingga tidak bisa digunakan.

Kebersihan toilet di kawasan Tablolong, ia melanjutkan, juga tidak terjaga dengan baik. Sehingga wisatawan menjadi kurang nyaman selama berada di kawasan wisata itu.

Selain itu jalan setapak dalam kawasan lokasi wisata Tablolong di Kecamatan Kupang Barat itu dalam kondisi rusak dan tidak pernah diperbaiki.

"Air bersih tidak tersedia sehingga banyak wisatawan membuang hajat ke hutan sekitar lokasi wisata itu," kata Hendrik.

Menurut Hendrik seharusnya pemerintah mengalokasikan anggaran yang memadai untuk melakukan penataan terhadap kawasan wisata Tablolong, agar wisatawan yang datang berkunjung ke Tablolong lebih banyak.

"Apabila fasilitasnya dibangun dengan baik, maka lebih banyak wisatawan yang datang berkunjung. Dengan demikian pemasukan untuk daerah dari sektor pariwisata akan meningkat," ujarnya.

Tak hanya wisatawan nusantara, seorang wisatawan mancanegara asal Amerika Serikat, Eed, juga sangat menyayangkan kondisi ini. 

"Pantainya sangat indah, tetapi banyak sampah dan tidak didukung dengan fasilitas yang baik," Ujar Eed (agr)