Diet Ramah Lingkungan yang Ideal untuk Tubuh dan Bumi

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 11:45 WIB
Diet Ramah Lingkungan yang Ideal untuk Tubuh dan Bumi Ilustrasi diet (Peter Belch via tookapic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beragam jenis dan pola diet banyak tersedia dan dapat diikuti. Diet menawarkan manfaat yang berbeda mulai dari kesehatan hingga menurunkan berat badan.

Kini, para ilmuwan baru saja menemukan diet yang ideal untuk tubuh dan juga planet bumi. Diet ini diberi nama Planetary Health.

Diet ini mencakup dua kali lipat konsumsi kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-sayuran, serta mengurangi setengah konsumsi daging dan gula.


Diet planet sehat ini didapat dari hasil penelitian selama tiga tahun arahan dari jurnal kesehatan The Lancet. Penelitian ini melibatkan 37 ahli dari 16 negara.

Peneliti mendapati konsumsi rata-rata global untuk daging merah dan gula harus dipotong sebanyak 50 persen. Sedangkan konsumsi kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran harus dilipatgandakan.

Menurut peneliti, jika dunia mengikuti diet ini, maka 11 juta kematian dini setiap tahunnya dapat dicegah. Selain itu, emisi gas rumah kaca juga dapat berangsur turun. Sementara tanah, air, dan keanekaragaman hayati dapat terjaga kelestariannya.

"Makanan yang kita makan dan bagaimana kita memproduksinya menentukan kesehatan manusia dan planet ini, dan saat ini kita salah besar," kata pemimpin penelitian dari University of London, Tim Lang, dikutip dari Reuters.

Menurut Lang, butuh perbaikan besar-besaran untuk mengubah sistem pangan global agar planet bumi dan manusianya tetap lestari.

Pola makan yang buruk dapat mengancam jiwa karena mengakibatkan obesitas, diabetes, malnutrisi, dan beberapa jenis kanker. Peneliti bahkan menyebut, diet tidak sehat menyebabkan lebih banyak kematian dan penyakit di seluruh dunia daripada gabungan seks tidak aman, alkohol, narkoba, dan tembakau. (ptj/asr)