Manfaat Menjelajahi di Kawasan Wisata Alam

CNN Indonesia | Selasa, 22/01/2019 10:07 WIB
Manfaat Menjelajahi di Kawasan Wisata Alam Kawasan Geopark Gunung Pongkor, salah satu kawasan wisata alam di Kabupaten Bogor. (Foto: CNN Indonesia/Agung Rahmadsyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa alam memiliki metode untuk menyembuhkan fisik ataupun batin. Itulah sebabnya mengapa destinasi wisata alam tak hanya menjadi tenar di dunia maya, namun juga di dunia nyata.

Namun ternyata setiap destinasi wisata alam, memiliki manfaat sesuai dengan karakternya masing-masing. Misalnya manfaat yang diberikan oleh kawasan pegunungan berbeda dengan kawasan pesisir.

Tak hanya kondisi geografis, hewan-hewan di alam liar pun juga memberikan dampak yang berbeda-beda.


Mengutip nationaltrust, berikut adalah manfaat menjelajahi kawasan wisata alam sesuai dengan karakter alamnya.

Kawasan pegunungan

Udara yang sejuk, kabut, sinar mentari yang memberi kehangatan, bulir embun, hingga kicauan burung adalah pemandangan yang kerap hadir di kawasan pegunungan. Rupanya berwisata ke kawasan seperti ini bisa membawa hal yang positif ke dalam jiwa, bahkan mampu mengenyahkan penyakit jiwa seperti depresi.

Selain bertualang, hal yang bisa dilakukan di tempat ini adalah meditasi.

[Gambas:Instagram]

Hutan

Shinrin Yoku adalah sebuah istilah dalam bahasa jepang yang berarti mandi di hutan. Namun mandi di sini bukan berarti harfiah, melainkan bermandikan cahaya mentari dan segala hal yang berada di dalam hutan.

Kanopi-kanopi alami di dalam hutan dipercaya mampu memberikan manfaat yang baik bagi fisik maupun batin seseorang.

[Gambas:Instagram]

Pantai

Mendengar debur ombak dan mentari terbenam adalah dua 'obat' paten yang bisa didapatkan secara gratis di pantai. Meskipun suasan pantai lekat dengan unsur hura-hura, namun bagi mereka yang ingin mendapatkan manfaat pantai maka carilah pantai yang agak sepi.

Tak hanya itu saja, jogging di pantai pun bisa membawa dampak yang baik terhadap kesehatan. Belum lagi ditambah olahraga khas pantai seperti surfing, wind surfing, voli pantai, dan lainnya.

[Gambas:Instagram]

Laut

Ketika di tengah hamparan laut luas, jelas akan membuat siapa pun merasa kecil. Karena sejauh mata memandang, tidak akan ditemui hal lain kecuali air, awan, dan langit. Namun pemandangan yang tidak terbentur apapun ini juga membawa sensasi baik bagi tubuh, khsusunya mata dan kejiwaan.

[Gambas:Instagram] (agr/agr)